09.Dec.2019

Butuh Kehangatan di Musim Hujan? Yuk, Berendam di 5 Pemandian Air Hangat di Indonesia Ini


Hujan masih belum berhenti, nih. Masih adem-adem sejuk gitu. Kalau lagi adem gini, bawaannya pengen yang hangat-hangat. Makan makanan hangat, minum minuman hangat, termasuk mandi pakai air hangat. Pasti enak, tuh, ya. Ngomongin soal mandi pakai air hangat, di blog ini, Mister membahas tentang lima pemandian air hangat di Indonesia. Berendam di sana pasti cihui banget!

0
0
0

1. Pancuran Pitu - Banyumas

Sumber: https://coretanpetualang.wordpress.com/petualangan-alam/pegunungan/pancuran-pitu-baturaden-eksotisme-alam-dan-nuansa-air-panas/

Pancuran Pitu termasuk dalam kawasan wisata Baturraden. Lokasinya di Desa Ketenger, Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah. Pitu artinya tujuh. Di sana, terdapat tujuh pancuran yang mengucurkan air yang bersumber dari Gunung Slamet.

Air di kolam Pancuran Pitu mengandung belerang yang dipercaya dapat menyembuhkan penyakit kulit. Oleh sebab itu, orang-orang yang berendam di sini sekaligus "berobat". Di sekitar pemandian, ada tukang pijat yang menawarkan jasa pijat dengan belerang.

Suasana di Pancuran Pitu sangat asri, karena dikelilingi kawasan hutan. Pasti nyaman berendam di sini. Tak jauh dari lokasi pemandian, terdapat jalan setapak menuju Gua Selirang. Gua tersebut dialiri air hangat yang bersumber dari Pancuran Pitu.

2. Pemandian Air Hangat di Candi Umbul - Magelang

Masih dari Jawa Tengah, berikutnya ada pemandian air hangat di Candi Umbul, Kabupaten Magelang. Lokasinya di Desa Kartoharjo. Dapat ditempuh selama sekitar 1,5 jam dari Magelang kota.

Ada dua kolam air hangat di sana. Di sekitarnya, terdapat bebatuan purbakala. Pemandian di Candi Umbul buka setiap hari pada pukul 06.00 – 17.30 WIB. Harga tiket masuknya Rp5.000.

Sumber: https://sangnanang.com/2013/09/06/candi-umbul-patirtan-para-bangsawan-mataram-kuno/

Pemandian air hangat di Candi Umbul merupakan peninggalan Kerajaan Mataram, kerajaan Islam yang pernah eksis di Pulau Jawa. Dulunya, pemandian ini digunakan oleh kaum bangsawan.

Kalian tidak akan melihat Candi Umbul saat tiba di pemandian ini, karena memang candinya sudah tidak ada. Dulunya, pernah ada dua candi yang berdiri di sekitar kolam pemandian.

3. Kawah Rengganis - Bandung

Sumber: https://travel.detik.com/domestic-destination/d-4421595/hidden-gem-di-bandung-kawah-rengganis-yang-cantik

Kawah Rengganis terbentuk dari letusan Gunung Sunda Purba. Air hangat di kawah ini mengandung belerang. Itu artinya, berendam di sini bisa sekaligus menyembuhkan penyakit kulit.

Selain kandungan belerang, daya tarik lain di pemandian air hangat Kawah Rengganis adalah lumpur. Yup, lumpur di sini katanya  berkhasiat menyembuhkan penyakit. Jadi, tak jarang, sambil berendam, para pengunjung melmuri badan mereka dengan lumpur.

Kawah Rengganis terletak di Jalan Raya Ciwidey, Kabupaten Bandung. Kawah tersebut termasuk dalam kawasan Glamping Lakeside Rancabali. Kalau berendam di sini, kalian dijamin betah, deh, soalnya Kawah Rengganis terletak di tengah-tengah perkebunan teh. Sejuk banget!

4. Pemandian Air Hangat di Gua Susu - Lombok

Sumber: https://www.wego.co.id/berita/air-terjun-dan-danau-pilihan-di-lombok/ (by Maria Prameswari/Wego Photo Contest)

Sudah pernah mendaki Gunung Rinjani di Lombok, NTB? Kalau sudah, kalian mungkin gak asing dengan Gua Susu. Ya, Gua Susu ada di jalur pendakian menuju Gunung Rinjani. Gua tersebut punya pemandian air hangat yang airnya mengucur dari bebatuan di sekitarnya. Sehabis lelah mendaki Gunung Rinjani, pasti enak banget, tuh, berendam di kolam air hangat di Gua Susu. Badan jadi kembali rileks.

5. Mengeruda - Ngada

Sumber: http://travellermeds.blogspot.com/2013/08/pemandian-air-panas-mengeruda-soa-ngada.html (by Willysteven)

Halo, kawan-kawan di NTT! Lu pung kabar dong karmana (bagaimana kabar kalian semua)? NTT juga punya pemandian air hangat, lho. Namanya Mengeruda. Lokasinya di Desa Piga, Kabupaten Ngada. Air di pemandian ini mengandung belerang. Sumbernya berasal dari Gunung Ine Lika. Mengeruda buka setiap hari dari jam 7 pagi sampai 7 malam. Harga tiket masuknya murah banget, cuma Rp4.000.

Komentar