19.Jul.2021

5 Olahan Daging Kurban Sederhana yang Bisa Aladiners Coba


Nggak terasa ya kalau kita akan merasakan dua kali perayaan Iduladha dalam kondisi pandemi seperti ini. Meski harus tetap di rumah aja, bukan berarti ibadah Iduladha harus berhenti begitu saja. Salah satunya soal berkurban. Momen Iduladha artinya banyak orang yang melakukan kurban dan juga mendapat daging kurban. Nah, bagi kamu yang bingung bagaimana olahan daging kurban yang sederhana, kamu bisa coba beberapa resep berikut ini.

0
0
0

 

Sate

Sumber gambar: pexels

Pertama dan yang paling umum adalah sate. Hampir setiap orang yang mendapat daging kurban akan membuat sate di depan rumahnya. Karena prosesnya yang mudah, siapa pun jadi bisa membuatnya.  Olahan daging kurban yang satu ini selalu jadi favorit banyak orang. Umumnya daging yang dijadikan sate adalah daging kambing atau domba, tapi nggak ada salahnya kalau kamu membuat sate dengan daging sapi.

 

Daging Rendang

Sumber gambar: https://id.pinterest.com/pin/643240759265760248/

Kalau biasanya makan daging rendang di rumah makan Padang, sekarang kamu bisa bikin versi kamu sendiri. Olahan daging kurban yang satu ini juga tidak sulit. Caranya, siapkan wajan, santan, bawang merah, daun kunyit, dan asam. Aduk semuanya hingga santan mendidih. Jika sudah mendidih, masukkan bumbu halus lalu aduk selama 30 menit. Setelah itu barulah masukkan daging yang sudah dipotong-potong. Aduk terus menerus agar tidak gosong dan daging matang secara merata.

 

Daging Sapi Lada Hitam

Sumber gambar: https://id.pinterest.com/pin/387028161712692098/

Mau makan ala resto? Bisa banget. Aladiners bisa bikin menu daging sapi lada hitam sendiri di rumah. Caranya cukup mudah. Siapkan daging sapi yang telah diiris kecil. Baluri daging dengan saus tiram dan kecap manis. Diamkan selama 30 menit agar bumbunya meresap. Sambil menunggu, tumis bawang bombay, bawang putih, paprika. Jika sudah, masukkan daging, saus tiram, dan kecap manis tadi. Tambahkan merica, garam, dan gula secukupnya. Aduk hingga matang.

 

Bakso

Sumber gambar: https://resepmasakanku.net/

Pengen makan bakso yang porsi dagingnya jauh lebih banyak? Buat aja sendiri, gampang, kok! Ada dua cara yang bisa dilakukan untuk olahan daging kurban yang satu ini. Pertama, bawa daging ke tempat penggilingan atau kamu bisa blender sendiri di rumah. Kalau jumlah dagingnya banyak, Mister saranin buat ke tempat penggilingan aja ya. Campur daging yang sudah digiling dengan tepung, dan telur. Rebus air hingga mendidih lalu bentuk daging menjadi bola menggunakan sendok. Tunggu hingga matang. Bakso yang sudah jadi bisa kamu goreng atau olahan lainnya. Simple kan?

 

Rawon

Sumber gambar: https://id.pinterest.com/pin/299559812699196237/

Yang terakhir adalah menu klasik tapi tetap asyik. Rawon! Rasanya yang manis dan gurih ini bisa kamu bikin sendiri di rumah. Caranya juga mudah. Potong daging kecil-kecil lalu rebus di air mendidih hingga matang. Setelah itu angkat lalu digeprek agar daging lebih empuk. Jika sudah, rebus kembali dagingnya bersama tumisan bumbu halus yang terbuat dari bawang putih, kunyit, merica, bawang merah, jahe, asam jawa, kencur, jintan, dan biji kluwak. Masak hingga bumbu meresap ke daging. Jika sudah, sajikan dengan tauge halus dan bawang goreng.

Itulah 5 olahan sederhana yang bisa Aladiners coba buat di rumah. Siapa tahu kalau jago buatnya malah bisa bikin usaha. Lumayan kan buat tambahan di masa pandemi. Selamat IdulAdha ya Aladiners. Stay safe!

Komentar