21.May.2018

5 Negara ‘Muslim-Friendly’ Untuk Dikunjungi di Bulan Ramadan


Memasuki bulan Ramadan, Aladiners jangan sampai lemas dalam menjalani aktivitas sehari-hari ya! Segala hal yang dilakukan di bulan suci ini mendapatkan pahala yang berlimpah, jadi sayang banget jika kita justru bermalasan menjalani aktivitas.

0
0
0

Buat kamu yang hobi traveling dan ingin merasakan nuansa Ramadan di tempat berbeda, Mister punya rekomendasi negara-negara kece yang cocok untuk dikunjungi di bulan Ramadan. Negara-negara ini terkenal ramah alias banyak makanan halal untuk para traveler muslim, lho! Simak ulasan di bawah ini ya.

1. Brunei Darussalam

sumber foto: aseantourism.com

Negara Islam yang juga menjadi tetangga kita ini memiliki peraturan super ketat saat Ramadan, yakni semua orang dilarang makan dan minum di area publik termasuk di dalam restoran. Yup, semua restoran rata-rata tutup selama puasa berlangsung tapi ada juga yang menyediakan layanan take away. Jadi kamu yang sedang berpuasa gak perlu khawatir bakal ngiler atau yang sedang tidak berpuasa juga masih tetap bisa makan, kok.

sumber foto: waytogo.cebupacificair.com

Ada beberapa kebiasaan yang dilakukan masyarakat Brunei di bulan Ramadan, antara lain berbuka bersama (Sungkai Gathering) sembari saling berbagi makanan ke sesama muslim, jajan makanan untuk berbuka di Hassanal Bolkiah National Stadium, Gadong night market dan di Bandar Seri Begawan, serta banjir diskon di semua restoran yang buka hingga waktu sahur. Menarik, kan?

2. Spanyol

sumber: youtube.com

Buat kamu yang ingin merasakan Benua Eropa saat Ramadan, pergilah ke Spanyol karena negara ini sangat ramah untuk muslim. Keindahan arsitektur Masjid Agung Cordoba, Masjid Cristo de la Luz dan Alcazar of Jerez de la Frontera akan membuat kamu terpana. Tempat-tempat bersejarah lainnya juga sayang untuk dilewati, seperti Calahorra Tower dan old Arab Quarter of Albayzin.

sumber foto: followmegranada.com

Meskipun Islam menjadi minoritas di negara ini, kamu jangan khawatir karena banyak banget restoran bersertifikasi halal di sini.

Baca juga: Traveling di Bulan Puasa: 8 Negara Terseru buat Destinasi Liburan Ramadan

3. Hong Kong

Percaya atau tidak, Hong Kong masuk ke dalam daftar negara ramah untuk muslim lho! Kebebasan seluruh warga yang dijamin oleh pemerintah, membuat muslim bebas melaksanakan puasa di bulan Ramadan. Bahkan selama satu bulan penuh, ada tausiyyah oleh imam besar di radio lokal di Hong Kong.

Ada banyak makanan halal yang bisa kamu nikmati di sekitar Masjid Jamia,Masjid Ammar, dan Masjid Kowloon. Kapan lagi makan dim sum di negeri asalnya tapi halal? Hihihi.

4. Taiwan

sumber foto: taiwangods.com

Dalam beberapa tahun ke belakang, pemerintah Taiwan telah bekerja keras untuk menjadikan Taiwan sebagai kota yang ‘muslim-friendly’ bagi para muslim. Islam memang menjadi minoritas di negara dengan pengakuan terbatas ini.

Ada banyak masjid yang bisa kamu kunjungi di Taiwan, seperti Taipei Grand Mosque, Masjid Kaohsiung, Masjid Longgang,dan  Masjid Tainan. Gak perlu khawatir susah cari makanan halal di sini, karena ada hampir 100 restoran dan hotel bersertifikasi halal di Taiwan. Bahkan, Hari Raya Idul Fitri diselenggarakan cukup meriah di negara ini dengan mengadakan kontes menyanyi khusus warga negara asing dan beragam pameran yang menjual makanan hingga aksesoris juga memeriahkan Hari Kemenangan di Taipei, Taiwan.

5. Singapura

sumber foto: wikipedia.org

Negara ini juga menjadi tempat minoritas bagi kaum muslim. Namun, bukanlah pemandangan yang aneh jika melihat muslim dan non-muslim duduk bersama merayakan buka puasa. Hal itu termasuk lazim dilakukan di Masjid Sultan karena ada banyak jajanan enak yang berada di sekitar masjid itu.

sumber foto: honeykidsasia.com

Di wilayah Geylang, ada bazaar besar-besaran berisi banyak makanan enak untuk berbuka maupun sahur. Contohnya Ramly Burger, burger berisi daging, telur, dan saus sesuai selera.

 

Seru kan Aladiners, berpuasa di negara-negara tersebut. Tapi yang jelas, dimanapun kita berada saat menjalankan ibadah di bulan penuh kemuliaan ini, yang terpenting adalah niat dan kesungguhan kita menjalani ibadah yang kaya akan makna ini ya. Tetap semangat dalam berpuasa, Aladiners!

Komentar