Misteri Gunung Anak Krakatau
24.Jan.2019

5 Misteri Gunung Anak Krakatau yang Bikin Merinding


Misteri Gunung Anak Krakatau akhir-akhir ini kayaknya lagi jadi perbincangan banyak orang nih. Apalagi setelah Tsunami Anyer-Banten yang terjadi akibat aktivitasi Gunung Anak Krakatau yang terletak di Selat Sunda saat 22 Desember 2018 kemarin.

0
0
0

Sebenarnya, nggak ada yang begitu istimewa dari Gunung Anak Krakatau, selain letaknya yang berada di tengah laut. Biasanya para wisatawan mancanegara memanfaatkan Anak Gunung Krakatau sebagai jalaur trekking. Para wisatawan pun cuma sekedar menaiki puncak dan berfoto.

Tapi, meski terlihat B aja, ternyata misteri Gunung Anak Krakatau ini bikin banyak orang jadi penasaran lho! Termasuk Mister hehe. Bahkan konon katanya,  Gunung Anak Krakatau ini dikeramatkan oleh warga sekitar, sehingga menyimpan banyak misteri yang belum terkuak hingga sekarang. Hmm.. Apa aja misteri-nya? Yuk Mister kasih tahu!

Cerita Kemunculan Gunung Anak Krakatau yang Bikin Merinding

Misteri Gunung Anak Krakatau

Sumber foto: wisatakrakatau.com

Proses kemunculan Anak Krakatau ini emang bikin merinding sih. Awal munculnya pun dari letusan dahsyat “induknya”, Gunung Krakatau, pada Agustus 1883. Gunung Krakatau meletus dengan sangat dahsyat dan bikin gempar dunia, lho. Saking dahsyatnya, efek letusannya terasa hingga Australia, Afrika, Norwegia, New York dan beberapa negara Eropa! Kebayang gak tuh dahsyatnya kayak gimana?

Efek letusan ini juga menimbulkan tsunami terhebat setinggi 40 meter dan menyapu bersih pantai sepanjang Teluk Lampung dan pantai barat daerah Banten. Ketika meletus, tiga perempat tubuh Gunung Krakatau hancur tapi juga menyisakan gugusan tiga pulau kecil yang elok yaitu Pulau Sertung, Pulau Panjang dan Pulau Krakatau Besar. 44 tahun kemudian, muncul Gunung Anak Krakatau tersebut.

Menurut cerita dari berbagai sumber, sekitar tahun 1927, para nelayan yang sedang melaut di Selat Sunda, tiba-tiba kaget ada yang muncul berupa kepulan asap hitam di permukaan laut di antara tiga pulau yang ada. Setelah satu tahun kemunculan asap tersebut, lahirlah Gunung Anak Krakatau.

Misteri Gunung Anak Krakatau yang Bisa Tumbuh Tinggi 4-6 Meter Setiap Tahun

Misteri Gunung Anak Krakatau

Sumber foto: geomagz.geologi.esdm.go.id

Sejak Gunung Anak Krakatau muncul di permukaan laut pada tahun 1929 sampai saat ini, pertumbuhan Gunung Anak Krakatau terus tumbuh tinggi. Selama 80 tahun atau sampai dengan tahun 2010, tingginya aja udah mencapai 320 meter di atas permukaan laut. Berarti, estimasi percepatan pertumbuhannya rata-rata mencapai 4 meter per tahun. Kok bisa ya? Hal ini karena aktivitas vulkanik Anak Krakatau yang sangat tinggi, makanya banyak material yang dikeluarkan dari perut gunung ini yang membuatnya terus tumbuh.

Aktivitas letusan Gunung Anak Krakatau sejak 1992 sampai saat ini masih terjadi setiap hari, lho. Kalau pertambahan tinggi dan volume konsisten, maka diperkirakan pada tahun 2020 volume Gunung Anak Krakatau akan melebihi Gunung Rakata Danan, dan Gunung Perbuwatan (11,01 km3). Wow!

Gunung Anak Krakatau Menjadi Ancaman Bahaya yang Patut Diperhitungkan

Misteri Gunung Anak Krakatau

Sumber Foto: news.detik.com

Karena pertumbuhan Gunung Anak Krakatau yang sangat  cepat, semakin tinggi dan besar, maka bencana kayak dulu yang pernah terjadi di tahun 1883 letusan bisa keulang lagi. Tapi, meski begitu besarnya tubuh suatu gunung api bukan penentu ancaman bahaya yang akan terjadi. Ancaman itu meskipun masih jauh di depan mata, tapi kalau hal tersebut benar-benar terjadi, maka bencana itu bisa melanda Kawasan Selat Sunda yang sangat padat penduduk. Jadi, Mister saranin tetap waspada, ya!

Baca juga nih, Gunung di Indonesia yang Bisa Didaki Cuma Sehari!

Misteri Acara Wayang di Gunung Anak Krakatau

Misteri Gunung Anak Krakatau

Sumber foto: upsc361.com

Meski letusan Anak Krakatau ini bisa dijelaskan secara ilmiah, ternyata ada mitos dari cerita warga sekitar tentang misteri Gunung Anak Krakatau. Karena sangat angker, di wilayah Anak Krakatau sering terdengar suara yang sangat aneh. Menurut penjaga Cagar Alam Gunung Anak Krakatau di sana sering mendengar suara-suara seorang perempuan atau suara ramai seperti suara orang lagi teriak-teriak dan nangis gitu, padahal saat itu nggak ada orang sama sekali. Hiii.. merinding~~

Terus katanya, polisi hutan yang melakukan patroli setiap hari juga pernah mendengar suara-suara instrumen gamelan wayang dari Gunung Anak Krakatau tersebut, tapi setelah dicek suaranya, mereka nggak menemukan suara apa-apa! Mungkin itu adalah aktivitas makhluk astral penduduk kerajaan gaib di Gunung Anak Krakatau atau mungkin roh-roh para korban keganasan letusan Gunung Krakatau? Hmm, ngeri juga ya!

Penemuan Hewan Misterius

Misteri Gunung Anak Krakatau

Sumber foto: simomot.com

Meski tergolong baru dan kerap dijadikan tempat wisata, Gunung Anak Krakatau tetap terkenal dengan keangkerannya. Konon katanya nih, para pendaki mengaku sering melihat penampakan makhluk aneh yang gak sewajarnya ada di gunung tersebut. Jika biasanya cuma ada makhluk kecil seperti kupu-kupu dan burung, mereka malah melihat kadal raksasa dan burung besar.

Padahal menurut Polisi Hutan, ekosistem di pulau tersebut dijaga ketat, dan petugas yang berpatroli gak pernah menemukan makhluk aneh yang diungkapkan oleh pengunjung. Mister jadi penasaran nih, apakah itu makhluk jadi-jadian atau arwah para korban letusan Krakatau? Hmm.. benar tidaknya semua masih jadi misteri sih.

Komentar