Makanan orang Eskimo
27.Feb.2019

5 Makanan Orang Eskimo untuk Jaga Tubuhnya Agar Tetap Hangat


Makanan orang Eskimo terkenal unik dari Negara lainnya. Yup, mereka hidup atau mendapatkan makanan dengan cara berburu binatang.  Orang Eskimo adalah Inuit alias masyarakat adat yang mendiami wilayah Arktik di Greenland, Kanada dan Alaska. Mereka sama sekali gak pernah bercocoktanam, karena sedikit banget vegetasi yang bisa tumbuh di daerah Arktik yang beku. Tinggal di lingkungan serba es juga membuat mereka gak mengandalkan tanaman sebagai bahan makanan.

0
0
0

Gak bisa menanam pohon buah dan sayur, terus apa dong yang mereka makan? Mereka doyan Bandrek atau Wedang Ronde juga gak yaa kayak Mister? Hmm.. biar nggak salah, nih Mister kasih info beberapa makanan Orang Eskimo yang dapat menambah pengetahuanmu. Langsung simak kuy!

1. Makanan Orang Eskimo Pertama adalah Bannock, Sejenis Roti Lebar

Makanan orang Eskimo

 

Sumber foto: https://www.wildwaybushcraft.co.uk/bushcraft-bannock-bread/

Bannock merupakan roti yang berbentuk pipih dibuat dari tepung putih atau tepung gandum utuh, baking powder, gula, lemak hewani dan air atau susu. Bahan-bahan ini dicampur dan diuleni. Adonan roti ini kemudian digoreng di dalam lemak hewani, minyak nabati, kemudian dipanggang di dalam oven atau dibakar dengan menancapkannya pada stik kayu. Makanan orang eskimo ini bisa juga diberi bumbu dan buah kering.

2. Menyantap yang Berkuah Seperti Suaasat Bisa Menghangatkan Orang Eskimo

Makanan-orang-Eskimo-2

 

Sumber foto: https://alchetron.com/Suaasat

Suaasat adalah sup tradisional khas Greenland yang terbuat dari daging anjing laut, paus, rusa atau burung. Orang Eskimo juga sering menambahkan bawang bombai dan kentang. Bumbunya pun sangat sederhana, cuma garam, lada, dan daun salam aja. Suaasat biasa dinikmati bersama nasi putih atau barley.

3. Akutaq Semacam Buah-buahan Khas Orang Eskimo

Makanan orang Eskimo

Sumber foto: https://www.ktoo.org/2014/11/27/native-alaskans-holiday-menu-looks-wild/akutaq-or-agutak-also-known-as-eskimo-ice-cream-is-a-favorite-dessert-in-western-alaska-its-made-with-berries-and-frothed-with-fat-like-crisco/

Akutaq ini semacam es krim buah-buahan beri yang dicampur dengan lemak hewani. Orang Eskimo meraciknya secara tradisional dengan lemak rusa dan diberi buah beri seperti cranberry, salmon berry, crowberry, cloudberry dan blueberry, juga ditambah ikan, akar dengan minyak hewani atau lemak. Terkadang orang Eskimo juga menambahkan gula, susu dan mentega. Dari tampilannya sih menggoda banget, tapi es krim ini agak nggak lazim ya, buah ditambah lemak rusa, butuh nyali besar kayaknya untuk bisa menyuapkan sesendok es krim ini masuk ke dalam rongga mulut.

4. Kiviaq Menu dari Burung yang Difermentasi

Makanan orang Eskimo

Sumber foto: https://travelfoodatlas.com/kiviak-bizarre-greenland-inuit-delicacy

Kiviaq, dari namanya aja udah eksotis banget sih ya, tapi tunggu dulu, kalo kamu udah tau makanannya seperti apa, pasti nafsu makan kamu langsung ilang sepenuhnya. Kiviaq ini adalah burung laut yang difermentasi. Makanan ini kayaknya cukup sulit untuk perut yang gak terbiasa. Kiviaq dimakan mentah atau gak dimasak sama sekali. Orang Eskimo menggunakan burung laut, Auks, sebagai bahan makanan yang diawetkan di dalam kulit anjing laut. Sekitar 500 burung Auks dimasukkan di dalam kantung kulit itu dan kemudian dijahit. Mereka memasukkan semua bagian tubuh burung laut itu termasuk paruh, kaki, dan bulunya.

Kantung kulit ini kemudian diolesi lemak di seluruh lapisan luarnya untuk menghindari lalat. Burung-burung ini kemudian difermentasi di bawah tumpukan batu selama minimal 3 bulan atau bahkan 18 bulan. Hmm, rasanya gimana tuh, ya. Suku Inuit mengonsumsi Kiviaq selama musim dingin di Greenland, terutama pada hari ulang tahun dan pesta pernikahan.

5. Berburu dan Makan Ikan Mentah

Makanan orang Eskimo

Sumber foto: https://3g.163.com/news/article_cambrian/E71MBKG90524LV7D.html

Makanan Orang Eskimo yang terakhir adalah ikan, yup! Mereka mendapatkan sumber makanan dengan cara memancing ikan. Karena mereka jauh dari peradaban teknologi canggih, mereka mengonsumsi makanan secara mentah-mentah. Hebat kan? Kalian berani coba gak? Meski begitu, di tahun 70-an, para peneliti di Denmark melakukan studi tentang metabolisme orang-orang Inuit. Ditemukan bahwa asam lemak omega-3 yang banyak terkandung di dalam ikan melindungi mereka dari berbagai penyakit berbahaya.

Komentar