24.Jun.2020

5 Makanan Khas Vietnam, Cobain Deh!


Jalan-jalan ke luar negeri emang kurang lengkap kalau nggak nyobain kulinernya. Nah, kali ini Mister mau bahas makanan dari Vietnam nih. Negara yang terkenal berhasil keluar dari pandemi Covid-19 ini emang cukup disiplin, ya. Kira-kira makanan apa aja sih yang biasa dimakan warganya sampai mereka bisa disiplin gitu? Hmm nggak ada hubungannya, sih. Tapi berikut ini Mister kasih tahu 5 makanan khas vietnam yang perlu kamu coba kalau berkunjung ke Vietnam.

0
0
0

 

1.  Goi Cuon

Goi cuon (tofu rice-paper rolls)

Sumber: https://www.taste.com.au/recipes/goi-cuon-tofu-rice-paper-rolls/57b1a09e-a4c5-4ff0-ad6e-0bb84672d5f3

Bentuknya yang seperti risol mengingatkan kita saat bulan puasa ya. Goi Guon merupakan gulungan salad yang berisi sayur, udang, atau pun daging yang dibalut dengan lumpia. Goi Guon ini merupakan makanan sehat, karena dalam penyajiannya tidak digoreng. Biasanya masyarakat Vietnam memakan Goi Guon dengan cara dicelupkan ke bumbu kacang. Kalau kamu mau coba, makan selagi hangat ya.

 

2. Ca Kho To

Vietnamese Fish Simmered in Caramel Sauce (Ca Kho To) | Recipe ...

Sumber: https://id.pinterest.com/pin/36169603228070521/

Hidangan yang satu ini cukup unik karena disajikan di dalam Clay Pot. Ca Kho To merupakan hidangan klasik masyarakat Vietnam. Jadi, bisa dibilang, ini adalah makanan turun temurun yang terus diwariskan. Ca Kho To adalah sajian ikan yang dimasak dengan kuah kaldu gurih yang rasanya sangat khas.

 

3. Com Tam

Vietnamese Broken Rice with Grilled Pork (Com Tam) | Asian ...

Sumber: https://asianinspirations.com.au/recipes/vietnamese-broken-rice-with-grilled-pork-com-tam/

Masyarakat Vietnam biasanya menyebut Com Tam sebagai Broken Rice. Ini karena Com Tam dibuat menggunakan nasi yang patah. Meski begitu tekstur nasinya begitu padat. Sangat cocok dimakan bersama irisan daging sebagai pelengkapnya. Kalau kamu ke Vietnam, jangan lupa ya makan siangnya pakai Com Tam.

 

4. Banh Xeo

Banh xeo (crispy pancakes)

Sumber: https://www.taste.com.au/recipes/banh-xeo-crispy-pancakes/31a5abec-9b67-41aa-ab15-0bf09e8ffec6

Kamu penggemar pancake? Atau memang suka bikin pancake sendiri di rumah? Kalau iya, kamu harus coba nih pancakenya orang Vietnam. Namanya Banh Xeo. Berbeda dengan pancake pada umumnya, Banh Xeo memiliki rasa yang khas karena terbuat dari tepung beras, santan, kunyit serta irisan daging, udang, dan tauge yang ditumis secara bersamaan.

 

5. Banh Cuon

Savory Rolled Cakes (Banh Cuon) - Easy and Delicious Recipe with Video

Sumber: https://runawayrice.com/main-dishes/savory-rolled-cakes-banh-cuon/

Secara sekilas, bentuknya hampir mirip dengan Goi Guon. Tapi sebenarnya, ini adalah kue beras kukus khas Vietnam. Bentuknya yang tipis dan lembut ini memiliki rasa yang unik. Saat Banh Cuon masuk ke mulut, kamu akan merasakan sensasi gurih. Nah rasa gurih ini muncul karena adanya bawang goreng yang dicampur dengan mentimun, selada dan irisan daging.

Komentar