23.May.2018

5 Makanan Khas Supermarket Ini Awalnya Bekal Prajurit saat Perang, Lho


Dari sekian banyak barang dijual di supermarket, ada makanan yang eksis gara-gara dulu dijadiin bekal tentara waktu perang. Sejak masa Perang Dunia II, niat awal militer Amerika Serikat cuma pengin bikin bekal yang praktis, gak gampang basi, tapi tetep ngasih berenergi. Tak disangka tak diduga, akhirnya makanan-makanan ini malah dijual bebas dan disukai banyak orang di dunia. Penasaran apa aja makanannya? Mister yakin kamu udah pernah nyobain semuanya, deh!

0
0
0

1. Makanan kalengan

sumber foto: sweetwaternow.com

Apa pun yang dikalengin, kayak sarden, kornet, atau sayur-sayuran, semuanya dulu makanan tentara. Beda sama kangkung di rumah yang basi dalam semalem, sayur dan semua makanan kalengan udah direkayasa supaya jamur dan bakterinya gak ngerusak makanan. Selain nyelametin tentara, makanan kalengan juga bisa memudahkan anak kos dan para orang tua sibuk yang gak sempet masak di rumah. Eits, jangan keseringan, ya. Gak baik buat kesehatan.

2. Energy bar

sumber foto: tastingtable.com

Gak tau energy bar? Kalau F*tbar tahu, kan? Nah, terciptanya bar-baran ini awalnya dari keinginan ilmuwan era Perang Dunia II yang pengin bikin cokelat yang gak meleleh. Meskipun akhirnya melenceng dari cokelat, buah-buahan dan granola yang manis dan gak terlalu berair dipilih jadi bahan dasar makanan yang akhirnya ada di setiap supermarket ini.

3. Roti tawar

sumber foto: houstonherald.com

Siapa yang dari kecil suka sarapan roti tawar dikasih selai atau mentegaaa? Berterima kasihlah karena militer nyiptain makanan yang satu ini. Dulunya bikin roti satu-satu  makan waktu dan tenaga, basinya pun cepet. Akibatnya, prajurit yang bisa berminggu-minggu gak ketemu dapur susah mau makn roti. Akhirnya, ilmuwan makanan militer pun bereksperimen dan berhasil bikin roti tawar yang bisa dibagi-bagi ke banyak orang dan lebih awet.

4. Jus dalam kemasan

sumber foto: rochestercitynewspaper.com

Alaminya, buah dan sayur gampang banget busuk. Didiemin dua hari di luar kulkas juga udah dilaletin. Nah, supaya para prajurit tetep dapet asupan vitamin, dibuatlah jus dalam kemasan dengan teknologi pemrosesan tekanan tinggi. Buah dan sayur digencet dengan tekanan super tinggi sampai-sampai molekul bakteri saling terpecah. Sekali lagi, kamu jangan kebanyakan minum jus dalam kemasan, ya. Meskipun dibuat dari buah dan sayur, kandungan gulanya tinggiiii banget. Mending ngupas buah seger, deh.

 5. Kopi Instan

sumber foto: smithsonianmag.com

Penemuan yang satu ini juara banget, terutama buat kamu yang butuh asupan kafein tiap hari. Bayangin kalau kamu harus ngegiling biji kopi dulu tiap kali pengen ngopi. Kualitasnya memang lebih oke, tapi ribet! Nah, itulah sebabnya ilmuwan militer terinsipirasi proses pembekuan dan pengeringan darah buat dibawa ke medan perang. Mereka adaptasi proses ini buat nyiptain kopi bubuk yang bisa langsung diseduh. Praktis, awet, enak, dan bisa bikin melek!

Komentar