17.Jun.2020

5 Makanan Khas Kamboja, Dijamin Ngiler!


Terkenal dengan wisata candi dan pagodanya yang begitu eksotis untuk dikunjungi, Kamboja juga memiliki makanan khas yang wajib kamu coba kalau kamu datang ke negara ini. Tak kalah dengan di Indonesia, negara yang berbatasan dengan Laos, VIetnam dan Thailand ini juga kaya akan hasil rempahnya. Nah biar nggak penasaran lagi gimana makanan khasnya, Mister udah rangkum 5 makanan khas dari Kamboja yang bikin kamu ngiler.

0
0
0

 

1. Babar

Index of /wp-content/uploads/2016/01

Sumber gambar: https://thefamilydinnerproject.org/food/cambodian-chicken-rice-soup/

Hidangan pertama dibuka dengan Babar. Babar ini adalah bubur asin khas Kamboja. Yang membedakan bubur ini dengan bubur lainnya adalah campuran tauge dan daun bawangnya. Selain itu banyak juga yang menambahkan toping di atasnya, seperti ayam, sapi, dan juga ikan. Jadi kamu bisa pilih sesuai selera.

 

2. Khmer Red Curry

An Adventure to the World of Delicious Dishes in Cambodia

Sumber gambar: https://topmekongcruises.com/cambodian-food

Bicara soal makanan kari, setiap negara selalu mempunyai ciri khas dari kari yang mereka buat. Salah satunya yang ada di Kamboja ini. Sesuai dengan namanya, Khmer Red Curry ini disajikan dengan kuah merah yang kental dan di dalamnya terdapat isian seperti daging sapi, ayam, atau ikan. Khmer Red Curry biasa disajikan dengan roti sebagai pelengkapnya. Meski warnanya merah, tapi rasanya tidak terlalu pedas, jadi kamu yang nggak suka pedas bisa banget nih nyobain kari ini. 

 

3. Ikan Amok

Amok cambodgien poisson ou poulet – Recettes de cuisine cambodgienne

Sumber gambar: https://www.cuisine-du-cambodge.com/recette/recette-amok-cambodgien/

Makanan tradisional khas Kamboja ini merupakan makanan populer yang disukai oleh masyarakat Kamboja maupun wisatawan. Rasanya yang luar biasa bisa dirasakan berkat bahan dan cara masaknya. Ikan Amok berbahan dasar ikan yang kemudian dicampur dengan santan, pasta khas yang terbuat dari kunyit, lalu dicampur serai, bawang putih dan lengkuas. Uniknya makanan ini disajikan di dalam cangkir yang terbuat dari daun pisang.

 

4. Nom Banh Chok

How to Make Nom Banh Chok | Recipe | Cambodian food, Food, Recipes

Sumber gambar: https://id.pinterest.com/pin/224054150196077021/

Bagi kalian noodle holic yang nggak bisa ketinggalan makan mi, apalagi sampai bawa mi instan sampai ke luar negeri, mending cobain mi yang satu ini. Mi asal Kamboja ini namanya Nom Banh Chok. Makanan asal Kamboja ini terbuat dari mi beras yang teksturnya lembut dan tipis yang kemudian disajikan dengan saus ikan hijau, tauge, bunga pisang, mentimun dan sayuran lainnya. Tapi di acara tertentu biasanya masyarakat akan mengganti kuah saus ikan hijau dengan kuah kari merah.

 

5. Samlor Machu Trey

Samlor Machu Trey (sweet and sour soup with fish)

Sumber gambar: http://khmerfoodbtb.blogspot.com/2018/03/samlor-machu-trey-sweet-and-sour-soup.html

Pernah coba sup ikan? Kalau belum, coba main ke Kamboja dan rasain Samlor Machu Trey. Ini adalah makanan Kamboja yang cukup digemari disana. Berbahan dasar ikan filet yang dimasak bersama kaldu dan berbagai bumbu rempah. Rasa yang dihasilkan sangat gurih dengan paduan manis dan asam. Sangat cocok untuk santap siang kamu saat berlibur ke Kamboja.

Komentar