03.Jun.2020

5 Makanan India yang Wajib Kamu Coba


Mendengar nama India, apa sih yang akan muncul di pikiran kalian? Penduduknya yang padat? Tradisinya yang unik? Atau penumpang keretanya yang ekstrim? Emang ya, India itu benar-benar unik. Tapi yang perlu kamu tahu, India punya sajian kuliner yang super enak. Ini wajib kamu coba kalau memang kamu pecinta kuliner. Apa aja sih? Berikut 5 makanan India yang wajib kamu coba.

0
0
0

 

1. Laddu

Sumber: https://swatisani.net/kitchen/recipe/besan-laddoo/

Ingat kue onde yang ditaburi wijen? Atau bola ubi yang hangat nikmat? Ya, Laddu atau Laddoo ini bentuknya hampir mirip sama dua makanan itu. Bentuknya yang bulat-bulat kecil memang terlihat sederhana, tapi kalau kamu coba, rasanya luar biasa, lho. Makanan ini terbuat dari tepung dan gula. Rasanya yang manis menjadi favorit pecinta kuliner. Sebelum digoreng, Laddu diolesi mentega khas India (ghee) terlebih dahulu. Inilah yang menjadi ciri khasnya. Makanan ini sangat mudah ditemukan, banyak yang jual di pasar atau pinggir jalan.

 

2. Chole dan Bhature

Ganesha Ek Sanskriti, Kemang - Lengkap: Menu terbaru, jam buka ...

Sumber: https://pergikuliner.com/restaurants/jakarta/ganesha-ek-sanskriti-kemang

Bagaikan sayur tanpa garam. Begitulah ungkapan yang cocok untuk menggambarkan Chole dan Bature. Dua makanan ini rasanya tak bisa kalau harus dipisahkan. Chole adalah kacang yang diolah sedemikian rupa yang sebelumnya direndam selama semalam terlebih dahulu baru kemudian dicampur dengan yoghurt dan bumbu lainnya. Chole sangat nikmat dimakan bersama Bature yang merupakan roti gemuk yang digoreng dengan ukuran cukup besar. Roti ini tidak ada isian apapun sehingga harus dimakan bersama dengan Chole.

 

3. Pani Puri

Sumber: https://medium.com/@adritmishra/puchka-vs-pani-puri-the-emotional-outburst-e64ee12d7e3e

Kalau kamu kehabisan Chole Bhature atau nggak nemu yang jualnya, kamu bisa ganti makanan itu dengan Pani Puri. Biasanya masyarakat India menjadikan Pani Puri sebagai alternatifnya. Makanan ini berbentuk bulat yang di dalamnya ada berbagai macam isian, seperti kacang-kacangan, kentang, serta bumbu rempah untuk memperkuat rasanya. Pani Puri ini biasa dimakan dengan cara dicelupkan ke kuah yang terbuat dari berbagai bahan rempah seperti daun mint, jahe, gula, jintan bubuk, jeruk nipis atau yang lainnya.

 

4. Kheer

Rice Kheer Recipe | Chawal Ki Kheer | Rice Pudding | VegeCravings

Sumber: https://vegecravings.com/rice-kheer-recipe-chawal-ki-kheer/

Indonesia dan India memang mirip-mirip, lho. Selain negaranya yang sama padat, kita juga sama-sama tak lengkap kalau belum makan nasi. Nah selain digunakan sebagai menu utama, beras di India juga biasa digunakan sebagai sajian pelengkap. Salah satunya adalah Kheer. Kheer merupakan dessert yang terbuat dari campuran beras, tepung gandum, tepung tapioka, susu, dan gula. Agar lebih beraroma, kheer juga ditambahkan rempah-rempah seperti kapulaga dan kunyit. Dessert berbentuk puding ini biasanya disantap sebagai pencuci mulut.

 

5. Rajma Masala

Punjabi Rajma Masala Recipe In Preethi Electric Pressure Cooker by ...

Sumber: https://www.archanaskitchen.com/one-pot-punjabi-rajma-masala-recipe-in-electric-pressure-cooker

Terakhir, kalau kamu lagi diet tapi tetap mau jajan, Rajma Masala bisa jadi alternatifnya nih. Karena terbuat dari biji-bijian maka sangat cocok untuk kamu yang lagi melakukan program penurunan berat badan. Makanan yang terbuat dari kacang merah ini biasanya disantap bersama roti dan chapati. Kalau kamu penasaran bagaimana rasanya, kamu nggak perlu jauh-jauh ke India kok, buat aja sendiri. Kamu tinggal merebus kacang merah kemudian ditumis bersama bumbu yang terdiri dari jinten, garam masala, kunyit , dan bubuk cabai.

Komentar