02.Jan.2019

5 Kuliner Enak Indonesia yang Namanya Jorok


Indonesia untuk menuangkan ide kreatifnya. Salah satunya lewat makanan alias kuliner. Nggak percaya? Liat aja 5 kuliner enak yang namanya jorok ini!

0
0
0

1. Memek

Sumber foto: indonesia.travel/us/en/trip-ideas/10-thing-s-to-enjoy-while-exploring-simeulue-aceh

Sebelom mikir ke mana-mana, Mister jelasin dulu yaaa kalo Memek adalah makanan khas dari Kabupaten Simeulue, Aceh yang terbuat dari beras ketan putih yang digongseng, kemudian dicampur pisang, santan, dan gula lalu ditumbuk menggunakan batang pisang atau bahan yang keras agar semuanya halus. Bentuknya emang mirip bubur, tapi rasanya manis, semanis janji palsu gebetan. Hehehehe.

2. Mi Pentil

Sumber foto: instagram.com/@hermawan_wardoyo

Bentuknya emang seperti mi pada umumnya. Tapi mi asal Bantul, Yogyakarta ini dikenal lebih elastis seperti karet alias pentil karena terbuat dari tepung tapioka. Soal rasa, pastinya enak dong karena mie ini disajikan bersama dengan sambal dan bawang goreng yang berlimpah.

3. Es Dawet Jembut Kecabut

Sumber foto: sajian-rb95.blogspot.com/2014/10/dawet-ireng-jembut-makanan-khas.html

Jangan ngilu dulu, Mister bisa jelasin. Es seger ini berada sebelah timur Jembatan Butuh, Kecamatan Butuh, Kabupaten Purworejo, Jawa Tengah. Karena letaknya itulah disingkat jadi Jembut Kecabut. Meskipun namanya nganu, para wisatawan yang ke Purworejo pasti memburu es dawet hitam yang melegenda ini. Jadi penasaran kan seenak dan seseger apa es ini?

4. Nasi Kentut

Sumber foto: djakartacafe.com/wp-content/uploads/2015/02/nasi-bakar-ayam-bakar.jpg

Yang jelas, makanan ini baunya enak kok, gak busuk. Dinamakan Nasi Kentut karena makanan ini dimasak dengan daun kentut yang memiliki nama latin Paederia Foetida. Daun itu terkenal khasiatnya untuk melancarkan pencernaan, makanya disebut kentut. Buat kamu yang mau liburan ke Medan, cobain ya nasi enak ini yang disajikan dengan pepes ikan atau ayam, disertai tahu, tempe dan sambal.

5. Tolpit

Sumber foto: instagram.com/@jogjataste

Lagi-lagi dari Bantul, Yogyakarta. Kali ini bukan mi, tapi Kue Tolpit yang rasanya manis dan gurih. Emang mirip kue cucur karena terbuat dari tepung beras dan gula merah. Tapi bentuk kue iniloh yang mirip..... Ah Mister gak enak ngomongnya, kamu googling sendiri aja ya, buat tau kepanjangan dari nama kue ini.

Komentar