20.Feb.2019

5 Kreasi Hot Chocolate dari Berbagai Negara yang Wajib Kamu Coba


Hujan masih terus mengguyur jalanan. Kalo hujan-hujan gini, salah satu minuman yang enak buat dinikmatin adalah hot chocolate. Udah enak, bisa sekaligus buat ngangetin badan pula. Kali ini, Mister mau bagi-bagi informasi tentang beragam hot chocolate yang ada di berbagai negara. Bisa dijadiin referensi, nih. Yuk, simak infonya berikut ini

0
0
0

1. Tsokolateng Tablea dari Filipina

Tsokolateng Tablea dari Filipina

Sumber fotohttps://www.yummy.ph/lessons/baking/tablea-things-you-need-to-know-about-filipino-tsokolate-a00009-20160212

Batidor, alat untuk memasak minuman cokelat tsokolateng tablea

Sumber fotohttp://www.marketmanila.com/archives/batidor-batirol-molinillo-chocolatera-atbp

Dalam Bahasa Inggris, tsokolateng tablea artinya tablet chocolate. Dinamakan demikian karena cokelat yang dipakai untuk membuat hot chocolate asal Filipina ini adalah cokelat batangan yang bentuknya kaya tablet. Karena langsung menggunakan cokelat batangan, bukan cokelat bubuk, maka cita rasa cokelatnya lebih kuat.

Buat bikin hot chocolate ini, cokelat batangan dilelehkan terus dicampur gula, susu, dan sedikit garam. Nggak cuma diminum, tsokolateng tablea bisa juga dijadiin campuran buat bikin kue tar, brownies, atau cupcake. Di negara asalnya, orang-orang memasak tsokolateng tablea menggunakan alat yang disebut batidor atau batirol. Alat pengaduk tradisional yang terbuat dari kayu dengan ujung bergerigi. Pingin tahu resep buat bikin tsokolateng tablea? Klik di sini.

2. Chai - Spiced Hot Chocolate dari India

Chai - Spiced Hot Chocolate dari India

Sumber fotohttp://maunikagowardhan.co.uk/cook-in-a-curry/spiced-hot-chocolate-with-ground-cardamom-and-ginger-syrup/

Kalau kalian lagi minum hot chocolate, biasanya rasanya manis, kan? Nah, hot chocolate asal India ini beda karena rasanya ada pedas-pedesnya. Chai-spiced hot chocolate terbuat dari bubuk cokelat, teh hitam, susu, dan gula. Terus,  rasa pedesnya dari mana? Dari jahe, kapulaga, dan lada hitam. Sebagai pelengkap, kalian juga bisa nambahin marshmallow ke minuman ini. Kehangatan dan campuran rasa pedas dalam chai-spiced hot chocolate bikin minuman ini cocok dinikmatin pas musim hujan atau musim dingin. Kalo mau bikin chai-spiced hot chocolateikutin resepnya ini.

3. Sweet and Spicy Hot Chocolate dari Meksiko

Sweet and Spicy Hot Chocolate dari Meksiko

Sumber fotohttps://www.merries.co.id/recipe/mexican-hot-chocolate-cokelat-panas-ala-meksiko-cocok-dinikmati-saat-hujan

Sama seperti hot chocolate dari India, hot chocolate dari Meksiko ini juga ada rasa pedesnya. Malah, bahan buat rasa pedesnya lebih ekstrem. Pakai bubuk cabai, lho. Namun, takaran bubuk cabainya nggak banyak. Hanya 1/2 sendok teh. Sweet and spicy hot chocolate ala Meksiko terbuat dari cokelat bubuk yang dicampur bubuk kayu manis, susu, krim, gula, dan tentunya bubuk cabai. Biasanya, minuman ini disajikan dengan tambahan whip cream dan kayu manis batangan di atasnya. Nih, Mister kasih resepnya buat kalian yang mau coba bikin.

4. Chocolate A La Taza dari Spanyol

Chocolate A La Taza dari Spanyol

Sumber fotohttps://thethingswellmake.com/chocolate-la-taza-churros-chocolate/

Beda dengan hot chocolate kebanyakan, hot chocolate yang satu ini teksturnya agak kental. Bahan untuk membuatnya adalah cokelat bubuk dan susu. Gimana cara bikin jadi kental? Cokelat bubuk dan susu dicampur terus dipanasin di atas kompor sambil diaduk-aduk. Pas udah mendidih, matikan kompor. Selang beberapa menit kemudian, panasin lagi di atas kompor sambil diaduk-aduk. Kalau sudah mendidih lagi, matikan kompor, tunggu beberapa menit, terus panaskan sambil diaduk-aduk lagi. Ulangi proses tersebut beberapa kali sampai adonan cokelat dan susu mengental. Di Spanyol, ada cokelat bubuk dalam kemasan yang khusus untuk bikin minuman chocolate a la taza.  Buat penyajiannya, chocolate a la taza biasa dihidangkan dengan churros. Mau coba bikin chocolate a la tazaYuk, simak resepnya ini.

5. Cioccolata Densa dari Italia

Cioccolata Densa dari Italia

Sumber fotohttp://comefare.com/come-fare-in-casa-la-cioccolata-calda/

Sama kaya chocolate a la taza, hot chocolate asal Italia ini juga punya tekstur yang kental. Yang unik dari minuman ini adalah cokelat yang dipakai adalah choco chip. Cokelatnya bisa dark chocolate atau white chocolate. Selain choco chip, bahan-bahan lain buat bikin cioccolata densa adalah tepung maizena, mentega, gula, dan susu. Kalau chocolate a la taza perlu dipanasin berulang-ulang supaya teksturnya jadi kental, untuk cioccolata densa nggak perlu dipanaskan berulang-ulang. Uudah ada tepung maizena yang bisa bikin jadi kental. Ketika disajikan, minuman ini terkadang ditambah dengan kayu manis batangan. Kalo pingin tahu cara buatnya, langsung aja cek resepnya ini.

Kelihatannya nikmat banget, ya, kelima hot chocolate di atas. Pas banget buat jadi teman di musim hujan.

Komentar