kasus pesawat hilang
07.Feb.2019

5 Kasus Pesawat Hilang Paling Misterius di Dunia


Kasus pesawat hilang ternyata nggak cuma terjadi satu dua kali saja. Ada beberapa maskapai penerbangan di seluruh dunia yang pernah mengalaminya. Ada yang hilang kontak terus mengalami gangguan atau jatuh, ada juga yang hilang tanpa jelas menjadi misteri.

0
0
0

Hmm.. kasus kecelakaan pesawat mungkin masih wajar, tapi cukup aneh sih kalo pesawat hilang secara misterius tanpa jejak, bahkan sampai sekarang belum ditemukan. Agak ngeri juga sih ya.. Nah, berikut Mister kasih tahu beberapa kasus pesawat hilang tanpa kejelasan yang belum ketemu sampai sekarang.

1. Kasus Pesawat Hilang Milik Penerbang Perempuan Pertama, Amelia Earhart

kasus pesawat hilang

Sumber foto: https://www.smithsonianmag.com/history/will-search-for-amelia-earhart-ever-end-180953646/

Banyak orang yang bercita-cita ingin naik pesawat, tapi banyaknya kasus kecelakaan dan hilangnya pesawat bikin banyak orang jadi takut dan mengurungkan niatnya untuk naik pesawat dan lebih memilih transportasi lain. Tapi Amelia Earhart justru jadi pilot perempuan pertama di tahun 1937 yang keliling dunia sendiri.

Tapi sayangnya, dalam perjalanan Earhart bersama petunjuk arah sekaligus pesawatnya hilang pada rute final dari Papua Nugini menuju Pulau Howland. Cuaca yang buruk membuat Earhart kesulitan mengikuti panduan navigasi. “Kami terbang tak tentu arah”adalah pesan terakhir yang dikirimkan oleh Earhart. Pada tahun 1939, Earhart secara resmi dinyatakan meninggal, tapi dugaan-dugaan tentang kehilangannya masih berlanjut hingga sekarang.

2. Misteri Hilangnya Flying Tiger Line, Penerbangan 739

Kasus pesawat hilang

Sumber foto: https://www.wikiwand.com/en/Flying_Tiger_Line_Flight_739

Kasus pesawat hilang berikutnya dalam sejarah penerbangan adalah nasib Flying Tiger Line, penerbangan 739. Penerbangan milik AS ini membawa 90 anggota militer dan lepas landas dari pulau Guam di barat Pasifik. Misteriusnya, penerbangan ini nggak pernah sampai di tujuannya di Filipina, bahkan nggak pernah menerbitkan panggilan darurat. Puing-puingnya pun nggak pernah ditemukan sama sekali sampai sekarang.

Menurut cerita sih, katanya para awak kapal tanker berbendera Liberia mengaku pernah lihat seberkas cahaya terang banget di lautan sekitar penerbangan, seakan-akan telah terjadi ledakan di udara. Tapi menurut laporan majalah Time, pihak US Civil Aeronautics mengaku, hal tersebut belum tentu penyebab kejadiannya. Terus apa dong ya, yang menyebabkan pesawatnya hilang misterius sampai sekarang? Hmm..

3. Kasus Flight 19 yang Banyak Dikenal dengan Fenomena Segitiga Bermuda

kasus pesawat hilang

Sumber foto: https://www.history.com/news/the-mysterious-disappearance-of-flight-19

Menurut cerita, awal Desember 1945, lima pesawat peledak Avenger Torpedo berangkat dari markasnya di Florida untuk latihan rutin sekitar kepulauan Bermuda. Lima pesawat ini hilang kontak dengan stasiun di darat, sementara pihak di darat ternyata masih bisa mengikuti komunikasi ke-5 pesawat tersebut.

Pembicaraan pun masih terdengar dan diketahui bahwa ke-5 pesawat itu kehilangan arah karena kompasnya bermasalah. Akhirnya dapat disimpulkan bahwa pesawat mendarat di atas air. Ironisnya, salah satu flying boat yang dikirim untuk memberi bantuan juga lenyap di area yang sama. Sampai sekarang nggak pernah ada yang tahu apa yang terjadi dan di mana ke-6 pesawat tersebut. Nah, dari situ, mulai dikenal dengan fenomena Segita Bermuda yang menelan banyak pesawat. Serem kan!

4. Helikopter Robinson R44 yang Hilang Tanpa Kejelasan

kasus pesawat hilang

Sumber foto: https://www.heliair.com/store/used-robinson-r44-raven-ii-2006/

Helikopter ini hilang dalam perjalanan dari Brandsen ke Santa Teresita, Argentina. Katanya, cuma ada seorang yang bernama Alejandro Ferzola yang menjadi pilot tunggal helikopter naas tersebut. Helikopter yang terbang tanggal 2 Januari 2011 itu diperkirakan telah jatuh di Teluk Samborombon, tapi saat dicari medan sangat sulit dan pencarian pun selama 12 hari nggak membuahkan hasil. Akhirnya, keluarga korban menolak kalo kejadian itu adalah kecelakaan, karena Ferzola katanya udah berpengalaman dalam mengendalikan helikopter. Keluarga sih menduga kalo helikopter ini dibajak seseorang, tapi meski begitu tetap saja sampai sekarang helikopter itu masih misterius di mana rimbanya.

5. Pesawat Boeing 727-233 yang Tidak Pernah Ditemukan Lagi Hingga Saat Ini

kasus pesawat hilang

Sumber foto: https://id.wikipedia.org/wiki/Boeing_727

Pada tanggal 25 Mei 2003, pesawat Boeing 727-233 yang terdaftar sebagai N844AA take off begitu saja dari bandara Luanda, Angola, tanpa ada komunikasi apapun dengan pihak bandara ataupun petugas menara. Menurut cerita dari beberapa sumber, pesawat tersebut terbang ke arah barat melewati Samudera Atlantik dengan lampu padam dan peralatan transmisi yang nggak berfungsi. Banyak yang menduga kalau pilot pesawat ini bernama Ben Charles Padilla dan asistennya John Mikel Mutantu yang keduanya sebenarnya nggak punya lisensi untuk menerbangkan pesawat Boeing. Akibatnya hilangnya pesawat tersebut, pencarian pun bahkan melibatkan FBI dan CIA, tapi tidak membuahkan hasil sama sekali, sampai sekarang pesawat N844AA seolah lenyap ditelan waktu.

Baca juga: Etika Saat Naik Pesawat yang Harus Kamu Tahu!

Komentar