05.Feb.2021

5 Jenis Tepung yang Sering Digunakan, Jangan Salah Lagi Ya!


Bicara soal bahan masakan yang bisa dibawa pada saat camping tentunya kamu nggak perlu membawa banyak bahan-bahan. Cukup bawa bahan seperlunya seperti telur, beras, bumbu dapur hingga tepung yang bisa digunakan untuk membuat cemilan santai. Tapi Aladiners tahu nggak sih ternyata ada banyak jenis tepung, lho. Nah, berikut ini Mister jelasin 5 tepung yang biasa digunakan. Jangan salah lagi ya.

0
0
0

 

Tepung Terigu

Clear Glass Bowl With Brown Powder

Jenis tepung yang satu ini adalah tepung yang paling sering digunakan terutama di Indonesia. Tepung ini berasal dari bulir gandum yang sudah digiling. Pengolahannya sangat mudah dan praktis, jadi wajar  kalau tepung ini sangat mudah didapatkan. Harganya juga relatif terjangkau. Untuk kandungannya, tepung ini memiliki kandungan gizi yang tinggi, mengandung banyak karbohidrat serta protein dalam bentuk gluten.

 

Tepung Beras

White Rice on White Ceramic Bowl

Umumnya, orang lebih banyak menggunakan tepung terigu sebagai bahan dasar. Tapi tak ada salahnya kalau kamu ganti dengan tepung beras. Tepung beras ini terbuat dari beras yang sudah melewati proses penggilingan. Kandungan yang terdapat dalam tepung ini pun dianggap lebih baik dari pada tepung terigu karena tidak memiliki kadar gluten. Kalau kamu penasaran kenapa cemilan gorengan sangat renyah, biasanya tepung beras digunakan sebagai pelapisnya.

 

Tepung Maizena

Brown and Green Corn Field

Beda dengan tepung terigu, tepung maizena terbuat dari biji jagung. Biji jagung inilah yang membuat tepung maizena menjadi kental saat diaplikasikan ke dalam masakan. Jadi kalau kamu lihat ada masakan seperti sup yang kental atau saus tiram, itu ditambahkan tepung maizena agar lebih kental. Selain itu, tepung ini juga biasa dicampur dengan tepung terigu atau tepung roti sebagai pelapis makanan.

 

Tepung Ketan

Close-Up Photo Of Assorted Rice

Sesuai dengan namanya, Jenis tepung yang ini terbuat dari beras ketan, baik yang hitam atau putih. Beras ketan diolah dengan cara digiling atau ditumbuk.  Secara tekstur, tepung ini terasa lebih lengket jika dipegang karena banyak mengandung pati. Tepung ini sangat cocok digunakan sebagai bahan dasar kue seperti kue bugis atau onde-onde.  

 

Tepung Tapioka

Image result for cassava pinterest

Sumber gambar: https://www.chowhound.com/food-news/229500/cassava-flour-what-is-it-and-how-to-use-it/

Aladiners tentu pernah dong makan bakso. Nah dalam pembuatan bakso, tepung tapioka ini digunakan sebagai bahan campurannya. Penggunaan tepung ini untuk menambah kekenyalan pada makanan. Tepung tapioka ini terbuat dari singkong. Bagi kamu yang intoleransi pada gluten, tepung ini sangat cocok buat kamu karena kandungan proteinnya sangat sedikit.

 

Itu dia 5 tepung yang biasa digunakan sehari-hari di masyarakat kita. Jadi sekarang udah tahu kan kalau apa yang kita konsumsi itu nggak semuanya terbuat dari tepung terigu. Berbeda masakannya beda juga bahan-bahannya. Kalau kamu mau coba masak dengan bahan dasar tepung-tepung di atas, kamu bisa lho belanja tepung itu di AladinMall. Happy cooking, happy shopping!

Komentar