06.Jun.2018

5 Jenis-jenis Kurma yang Dijual di Indonesia


Di bulan Ramadan, kurma menjadi buah yang paling banyak dicari. Di bulan suci bagi umat muslim ini, berbuka puasa dengan kurma menjadi dambaan karena Sunnah Nabi Muhammad SAW mengajarkan hal itu. Bentuknya yang kecil dan rasanya yang manis, emang enak jadi santapan berbuka.

0
0
0

Tapi, Aladiners tau gak manfaat dari makan kurma? Dikutip dari berbagai sumber, manfaat dari makan kurma antara lain, membuat tubuh terhindar dari racun dan sihir serta bagus untuk kesehatan karena zat gula di kurma mudah diserap oleh tubuh. Karena zat gula itu jugalah, yang membuat kita merasa kenyang sejenak abis makan kurma saat berbuka puasa dan bisa langsung melanjutkan sholat Maghrib dulu sebelum makan berat.

Ternyata, kurma-kurma yang dijual di Indonesia terdiri dari beragam jenis. Kurma-kurma itu di impor, sebagian besar berasal dari negara Timur Tengah seperti Makkah, Madinah, Mesir, Tunisia, Iran, dan Irak. Ada juga lho, yang berasal dari Amerika Serikat.

Karena terdiri dari beragam jenis, udah pasti harganya pun berbeda-beda. Yuk kita kenali jenis-jenis kurma!

1. Kurma Ajwa

sumber foto: penulispro.com

Di antara jenis kurma lainnya, kurma satu ini yang paling mahal. Kenapa? Karena kurma yang berasal dari Madinah dan punya nama lain kurma nabi ini memiliki bentuk yang padat dan agak keras tapi paling enak. Ciri-cirinya berwarna hitam pekat dan ada serat-serat berwarna cokelat pada permukaannya. Rasa manisnya menyerupai kismis, wujudnya kering, tidak lembab, dan ukurannya agak besar.

2. Kurma Lulu

Jika ingin makan kurma yang bentuknya mirip kurma nabi dan harganya lebih murah, Aladiners bisa pilih kurma lulu. Kurma ini memiliki ciri-ciri hitam pekat, namun ukurannya agak lebih kecil dari kurma nabi. Kurma lulu juga gak ada garis-garis atau serat di permukaannya.

3. Kurma Amer Hajj

Kurma ini biasa disebut dengan Amir Haji. Jenis kurma yang berasal dari Irak ini memiliki daging yang sangat lembut dan juga tebal. Kurma jenis ini sering dikenal dengan “welcome kurma”, karena sering dihidangkan untuk menyambut tamu. Kurma dari Irak ini terkenal dengan harganya yang murah.

4. Kurma Palmfruit

sumber foto: brillio.net

Jenis kurma yang paling umum dibeli adalah kurma Palmfruit yang berasal dari Tunisia. Kurma ini memiliki bentuk yang lonjong dan panjang, warna cokelat kemerahan, tekstur cenderung kenyal, dan rasanya manis.

5. Kurma Muda

sumber foto: kurmasehat.com

Kurma ini biasanya dijual sebelum matang, namun butuh waktu supaya matang dan bisa dimakan.Kurma ini berkhasiat untuk menyuburkan wanita, sehingga cocok dikonsumsi untuk yang sedang melakukan program hamil. Harga kurma dibanderol Rp 200.000-Rp 250.000 per kg. Kurma ini memiliki ciri-ciri berwarna kuning gading dan teksturnya agak keras karena memang masih mentah.

Komentar