27.Nov.2019

5 Jenis Jamu di Indonesia Ini Punya Segudang Manfaat untuk Kesehatan


Ada yang suka minum jamu? Memang, sih, jamu gak seenak boba tea, kopi kekinian, dan Thai tea. Tapi, jangan salah, jamu punya segudang khasiat yang nggak dimiliki minuman kekinian itu. Yup, minuman asli Indonesia ini udah dikenal punya khasiat yang dapat menyehatkan tubuh! Entah penyakit ringan atau penyakit berat, jamu dipercaya berkhasiat menyembuhkan berbagai macam penyakit. Nah, ada banyak jamu yang udah dikenal banyak khasiatnya. Apa aja, sih, jenis jamu di Indonesia? Berikut beberapa di antaranya.

0
0
0

1. Kunyit Asam

Sumber: https://www.bukalapak.com/p/food/minuman/18mliv0-jual-jamu-kunyit-asam-gula-merah

Kalian ciwi-ciwi, kalau lagi datang bulan biasanya ngerasa nyeri di bagian perut gitu, kan? Nah, untuk meredakannya, kalian bisa coba minum jamu kunyit asam. Adalah kurkumin, kandungan dalam kunyit yang berkhasiat mengurangi nyeri ketika haid.

Jamu ini terbuat dari dua rempah-rempah utama, kunyit dan asam jawa. Terkadang, diberi tambahan gula merah. Kini, sudah banyak tersedia jamu kunyit asam saset dalam bentuk bubuk. Kalau orangtua kalian ada yang menderita diabetes, bisa coba minum jamu ini, karena bisa menurunkan gula darah.

2. Pahitan

Jamu sambiloto dan jamu brotowali (pertama dan kedua dari kiri) (Sumber: http://www.sulistyoriniberbagi.com/2014/08/melestarikan-jamu-memajukan-budaya.html)

Sambiloto, brotowali, doro putih, dan babakan pule. Tanaman-tanaman tersebut direbus dalam air mendidih, lalu disaring. Air hasil saringan itulah yang jadi jamu pahitan. Rasanya? Jangan ditanya, pahit banget nget nget.

Karena rasanya pahit gak karuan, wajar kalau jamu ini lebih banyak diminum orang tua. Tapi, pahit-pahit gitu, khasiatnya lumayan banyak, antara lain meningkatkan kekebalan tubuh, membantu menyembuhkan sakit pada sistem pencernaan (diare, sembelit, dsb), dan membersihkan jerawat. Mau coba?

3. Beras Kencur

Sumber: https://www.bukalapak.com/p/food/makanan/z9ko33-jual-jamu-beras-kencur

Kalau kalian sering merasa pusing, kalian bisa coba minum jamu beras kencur untuk meredakan rasa pusing itu. Atau, kalau kalian lagi sakit batuk dan gak kunjung sembuh padahal udah minum obat, kalian bisa minum jamu ini sebagai obat tradisional.

Bahan-bahan untuk membuatnya, antara lain kencur, beras, jahe, asam jawa, dan gula pasir. Terkadang, ada pula yang menambahkan kencur mentah ke dalam air jamu yang siap saji. Jamu beras kencur juga manjur diminum kalau lagi kecapekan, bisa bikin badan seger lagi.

4. Temulawak

Sumber: https://www.bukalapak.com/p/kesehatan-2359/produk-kesehatan-lainnya/frij6p-jual-minuman-serbuk-alami-jamu-temulawak

Selain temulawak, bahan lain yang digunakan untuk membuat jamu temulawak adalah asam jawa, gula jawa, daun pandan, dan jinten. Salah satu khasiat jamu ini adalah membantu menjaga kesehatan hati. Khasiat lainnya adalah membantu meredakan pusing, mual, dan masuk angin.

5. Sinom

Sumber: https://www.bukalapak.com/p/food/minuman/abnhp1-jual-sinom-jamu-ratna-arum

Kalau jamu yang satu ini, mugkin kalian udah sering lihat. Atau mungkin, ada di antara kalian yang pernah meminumnya? Jamu sinom sering dijual sebagai minuman dingin. Emang seger banget, sih, jamu yang satu ini. Rasanya asem gitu. Enak, lah, pokoknya diminum pas lagi kepanasan.

Bahan untuk membuat jamu ini, antara lain sinom alias daun asam muda, kayu manis, kapulaga, gula jawa, dan gula pasir. Jamu ini punya khasiat penting bagi ciwi-ciwi, yakni meredakan nyeri ketika haid dan keputihan.

Mungkin, ada di antara kalian yang orangtuanya menderita hipertensi, mereka bisa coba minum jamu sinom, karena bisa menurunkan tekanan darah. Atau, kalau ada yang lagi demam, bisa juga minum jamu ini supaya demamnya turun.

Komentar