23.Nov.2015

6 Hal Seram Seputar Penerbangan


Terbang dengan pesawat kadang bisa jadi pengalaman yang menakutkan, apalagi bagi mereka aviophobia atau takut terbang. Suasana kabin yang gelap di malam hari dapat menciptakan ketegangan tambahan, dan turbulensi yang tiba-tiba dapat membuat hati berdebar. Suara mesin yang menggelegar atau getaran yang terasa di badan pesawat dapat memicu kecemasan para penumpang. Bagi beberapa penumpang, keselamatan selama berada di dalam penerbangan tentunya menjadi sangat penting. Meskipun kebanyakan penerbangan berlangsung tanpa insiden, rasa takut terbang bisa menjadi salah satu tantangan tersendiri bagi beberapa penumpang, menambah elemen ketegangan pada perjalanan udara mereka.

0
0
0

 

Berikut beberapa hal seputar dunia penerbangan yang akan membuat Aladiners bergidik

 

1. "Saya pernah dua kali tersambar petir."

pesawat tersambar petir

Sumber: okezone.com

- Pilot Penerbangan Regional, Charlotte, North Carolina, AS.
Percaya tidak percaya, sebagian besar pilot pernah merasakan yang namanya tersambar petir saat menerbangkan pesawat. Tapi jangan khawatir, Aladiners! Walaupun kedengarannya seram, tapi sambaran petir tidak berpengaruh, kok terhadap laju pesawat maupun keamanannya.

 

2. Tempat duduk teraman di dalam pesawat

tempat duduk pesawat

Sumber: tripsavy.com

Nah, yang ini penting banget untuk kamu ketahui. 5 baris kursi terdekat dengan pintu keluar darurat adalah yang paling aman secara statistis. Kenapa? Dalam keadaan darurat, orang-orang yang duduk di 5 baris ini bisa jadi yang paling cepat untuk mengevakuasikan diri keluar dari pesawat.

 

3. Pesawat kebakaran? Kamu cuma punya 90 detik untuk keluar!

kebakaran pesawat

Sumber: mediaindonesia.com

Melanjutkan poin kedua, duduk di 5 baris terdekat dengan pintu keluar darurat memang penting, Aladiners. Karena ternyata, cuma dibutuhkan waktu 1,5 menit untuk api menyebar ke seluruh bagian pesawat.

 

4. Pilot tidak akan pernah bilang "Ada kerusakan pada mesin pesawat."

hal seram dalam penerbangan

Sumber: cnbc.com

Bayangin, deh gimana paniknya penumpang kalau pilot bilang kalimat di atas. Kalau memang ada kerusakan pada mesin, kemungkinan pilot akan mengatakan "Salah satu mesin terindikasi bermasalah". Bahkan dalam keadaan darurat parah pun, kemungkinan besar kamu tidak akan pernah tahu kalau pesawat akan mengalami kecelakaan!

 

5. Sebagian besar pilot pernah ketiduran saat menerbangkan pesawat

hal seram dalam penerbangan

Sumber: tribunnews.com

Jangan kaget, ya Aladiners... Berdasarkan hasil survei di Inggris, Norwegia dan Swedia, antara 43% - 54% pilot mengaku pernah ketiduran saat menerbangkan pesawat. Dan yang lebih parahnya lagi, sepertiga dari mereka pernah bangun dari tidur dan melihat bahwa ternyata kopilot mereka juga ikut ketiduran, lho!

 

6. Mengendarai kendaraan bermotor lebih berbahaya daripada terbang dengan pesawat

Sumber: Vecteezy

Walaupun ada banyak hal seram seputar penerbangan, tapi kamu tidak perlu takut untuk naik pesawat, Aladiners. Berdasarkan data statistik di Amerika Serikat, naik motor atau mobil masih jauh lebih berbahaya daripada naik pesawat, lho. Coba, deh kamu bandingin. Ada lebih dari 5 juta kecelakaan kendaraan bermotor tiap tahunnya. Sedangkan untuk pesawat, kecelakaan hanya berkisar 20 saja.

 

Alasan utama kenapa berkendara di jalan jauh lebih berbahaya dari terbang adalah karena ketika di dalam pesawat, kamu tidak akan berpapasan dengan pengemudi lainnya. Ketika berpergian dengan pesawat terbang, hal tersebut tidak jadi masalah karena seluruh pilot adalah pekerja profesional yang harus mematuhi banyak aturan ketat. Jadi, kamu tidak perlu panik saat pesawat mengalami turbulensi. Coba kamu terus yakinkan diri kalau kecelakaan pesawat jarang banget terjadi!

 

Komentar