Cerita Misteri Jalan Tol di Indonesia
13.Jun.2019

5 Cerita Misteri Jalan Tol di Indonesia yang Mencekam dan Bikin Merinding!


Cerita misteri jalan tol di Indonesia ini emang udah jadi mitos yang melekat buat kita. Percaya gak percaya, pasalnya sering terjadi kecelakaan dan kejadian misterius di sana. Gak sedikit juga yang berspekulasi kalo kecelakaan terjadi karena keteledoran pengemudi atau faktor kendaraan dan jalan. Tapi, banyak juga yang mengaitkan kecelakaan-kecelakaan tersebut dengan hal-hal mistis.

0
0
0

Nah, saat musim mudik lebaran kayak gini, jalan tol atau jalan bebas hambatan bisa jadi jalan alternatif untuk mempersingkat waktu tempuh perjalanan selama mudik. Saat melewati jalan tol  pagi atau siang hari, mungkin kamu nggak akan ketemu sama hal-hal aneh atau mistis sepanjang perjalanan.

Tapi gimana kalo kamu melintasi jalan tol ini di malam hari? Apalagi rute yang dilalui konon salah satu rute paling angker di Indonesia? Hmm.. yang pasti sih bikin parno. Terus di jalan tol mana aja ya, yang terkenal angker? Biar gak kepo, Nih Mister kasih tahu beberapa cerita misteri jalan tol di Indonesia berikut ini!

1. Tol Cipularang

Cerita Misteri Jalan Tol di Indonesia

Sumber foto: http://citizenpurwakarta.blogspot.com/2016/09/rest-area-km-97-pesona-tersembunyi-di.html

Cerita misteri jalan tol di Indonesia yang pertama adalah di Tol Cipularang. Ke angkeran tol satu ini emang udah terkenal lama di telinga masyarakat Indonesia. Apalagi semenjak artis dangdut, Syaiful Jamil, mengalami kecelakaan di tol Cipularang, tepatnya di kilometer 90-97. Kecelakaan ini menewaskan istri Syaiful Jamil yang bernama Virginia Anggraeni.  Jalan tol yang menghubungkan kota Jakarta dan Bandung ini, nggak sama dibanding jalan tol lain biasanya.

Dari cerita masyarakat dan pengendara yang melintas di tol ini ada beberapa misteri yang terjadi, seperti penampakan sosok wanita berbaju putih di km 97. Belum lagi, cerita mistis tentang Gunung Raharjo yang terletak di sekitar km 97 yang merupakan tempat ritual pemujaan. Gak cuma itu, saat pembangunan jalan tol ini, beberapa pekerja sering mengalami kejadian misterius. Dari mulai suara perempuan menangis, di pindahkan saat tidur, bahkan ada pekerja juga yang mengalami kesurupan.

2. Tol Jagorawi

Cerita Misteri Jalan Tol di Indonesia

Sumber foto: https://news.uzone.id/8-september-tol-jagorawi-pakai-sistem-terbuka-berikut-tarifnya

Cerita misteri jalan tol di Indonesia berikutnya adalah tol Jagorawi. Tol pertama di Indonesia ini mulai dibangun pada tahun 1973 yang menghubungkan kota Jakarta-Bogor-Ciawi. Menurut kepercayaan masyarakat Indonesia, tol Jagorawi ini dianggap angker. Konon, di tol tertua di Indonesia ini sering terjadi penampakan sebuah mobil tua melaju tanpa ada pengemudinya. Di jalan tol inilah juga Abdul Qodir, atau terkenal dengan sebutan Dul, anaknya Ahmad Dhani mengalami kecelakaan di tol Jagorawi dan menewaskan 7 orang dan 8 lainnya luka berat.

3. Tol Cipali

Cerita Misteri Jalan Tol di Indonesia

Sumber foto: https://blog.misteraladin.com/batu-bleneng-di-tol-cipali-batu-besar-dengan-sejuta-misteri/

Tol Cipali menghubungkan kota Cikopo-Palimanan dan membentang sepanjang 116,75 kilometer. Sejak diresmikan pada tahun 2015 oleh Presiden Jokowi, tol ini sudah banyak menelan korban, dan pastinya banyak kejadian mistis yang menyelimuti. Ini membuat jalan tol Cipali dikait-kaitkan dengan legenda Batu Bleneng yang ada di tol tersebut. Batu Bleneng ini sendiri berada di pinggir jalan sebelah kanan bila dari arah Jakarta-Palimanan.

Batu Bleneng ini memiliki banyak cerita mistis dan legenda yang bikin merinding. Menurut ceritaan para warga, Batu Bleneng ini nggak bisa dipindahkan dan dihancurkan. Ada juga yang bilang, kalo Batu Bleneng ini tempat orang zaman dulu bersemedi, dan masih banyak lagi cerita mistis lainnya. Seremnya lagi, batu tersebut juga dikelilingi oleh makam, sehingga menambah kesan mistis dan angker dengan keberadaan batu Bleneng tersebut.

4. Tol Pantura

Cerita Misteri Jalan Tol di Indonesia

Sumber foto: https://www.aktual.com/arus-balik-jalur-pantura-ramai-lancar/

Jalur Pantura ini merupakan jalur yang menghubungkan Jawa Barat-Jawa Tengah-Jawa Timur. Tol inilah yang sering dilalui, apalagi saat mudik. Beuh, rame banget deh! Saking ramenya, nggak heran sering terjadi kecelakaan hingga menelan korban jiwa. Inilah kenapa tol Pantura disebut jalur tengkorak.

Salah satu jalur yang paling angker adalah jalur Subang-Ciasem. Di jalur inilah, para pengendara sering melihat penampakan sosok kuntilanak. Menurut saksi, kuntilanak itu cuma berdiri di pinggir jalan dengan menatap tajam ke arah sang pengendara, dan membuat pengendara terhipnotis dan terlena. Ketika sadar, brak! Kendaraan yang dikendarai sudah kecelakaan. Hiii, serem juga ya, kalo gitu mah~

5. Tol Solo-Ngawi

Cerita Misteri Jalan Tol di Indonesia

Sumber foto: https://monitor.co.id/2018/06/28/jalan-tol-solo-ngawi-siap-beroperasi-dalam-waktu-dekat/

Cerita misteri jalan tol di Indonesia yang terakhir adalah tol Solo-Ngawi yang baru aja diresmiin pada 28 November 2018. Adanya tol Solo-Ngawi ini emang ngebantu banget banyak pengendara, gimana nggak, kalo lewat tol ini waktu tempuh Solo-Ngawi cuma butuh 1 jam aja. Gokil kan? Tapi, dibalik kenyamanan tersebut, ada cerita mistinya, lho! Meski masih jadi tol baru, tol Solo-Ngawi ini sudah memakan korban banyak jiwa.

Menurut salah satu sumber, di KM 586 terjadi kecelakaan yang menewaskan 1 orang dan 5 orang lainnya, luka berat. Oh iya, di tol Solo-Ngawi ini juga ada sebuah pohon angker yang berjenis gempol dan gak bisa dirobohin!  Pihak pembangunan jalan tol juga udah beli alat super canggih untuk ngerobohin pohon tersebut. Tapi gak mempan, pohon gempil itu sama sekali gak bisa dirobohin dan masih berdiri kokoh. Gak cuma di situ, ternyata pohon berjenis gempol ini baru bisa dirobohkan setelah para warga setempat melewati beberapa ritual adat.

Itu tadi beberapa cerita misteri jalan tol di Indonesia yang mencekam dan bikin merinding. Meski mencekam, tol di atas tersebut tetap jadi favorit para pengendara untuk dijadikan sebagai rute mudik. Nah, kalo kamu lewatin jalan tol mana saat mudik? :D

Komentar