13.Nov.2020

5 Camping Ground di Bogor yang Wajib Dicoba


Wisata alam di Bogor dan sekitarnya emang nggak ada matinya. Mulai dari kawasan puncak yang begitu sejuk hingga jajaran curug yang ada di mana-mana. Ada banyak cara untuk menikmati keindahan alamnya. Salah satunya dengan berkemah. Nah, buat kamu yang ingin berkemah, Aladin mau kasih tahu beberapa rekomendasi camping ground di daerah Bogor yang wajib kamu kunjungi.

0
0
0

 

CAMPING CERIA DI KAKI GUNUNG SALAK BOGOR, PLUS ITINERARY - Afkar Aristo

Sumber gambar: https://www.afkararisto.com/2018/12/camping-ceria-di-kaki-gunung-salak.html

Siapa bilang menikmati pesona alam dengan mendirikan tenda hanya bisa dilakukan oleh mereka yang gemar mendaki gunung? Meskipun kamu pemula dalam hal pendakian, kamu masih bisa lho berkemah dengan pemandangan luar biasa. Apalagi buat kamu yang nggak punya waktu banyak untuk berlibur. Berkemah di daerah Bogor tentu jadi pilihan terbaik. Berikut ini 5 campingground di Bogor yang bisa kamu coba.

1. Loji Suaka Elang Camping Ground

Loji Suaka Elang terkenal dengan wisata edukasi yang memberikan pengalaman kepada pengunjung tentang satwa langka. Tapi selain itu, tempat ini juga menyuguhkan pemandangan yang luar biasa. Kamu bisa menikmati sejuknya pepohonan ditemani kicauan burung dengan mendirikan tenda. Kamu bisa mendirikan tenda di bawah barisan pohon pinus. Daya tarik lainnya di tempat ini adalah jembatan gantung. Pengunjung biasanya memanfaatkan spot ini untuk berfoto.

Sumber gambar: https://www.instagram.com/ode.suhadi/

Lokasi Loji Suaka Elang ini ada di Kampung Loji, Desa Cibaruyut, Kecamatan Cigombong, Bogor. Tidak sulit untuk menuju tempat ini karena berada di kawasan Taman Nasional Gunung Halimun Salak. Meski rutenya cukup menantang, kamu bakal puas ketika sampai di lokasi. Harga tiket masuknya Rp20.000 per orang. Untuk biaya parkir di sini cukup mahal, Rp30.000 untuk roda 2, dan Rp60.000 untuk roda 4.

 

2. Camping Ground Sukamantri

Masih di kawasan Taman Nasional Gunung Halimun Salak, kamu juga bisa berkemah di Sukamantri Camping Ground. Lokasinya ada di Desa Sukamantri, Kecamatan taman Sari, Kabupaten Bogor. Lokasi camp ini juga berada di kawasan wisata Curug Panjang. Kalau kamu berkemah di sini, kamu bisa menuju air terjun berudak yang lokasinya hanya 30 menit dengan berjalan kaki dari camp.

Sumber gambar: https://www.instagram.com/bumiperkemahansukamantri_tnghs/

Fasilitas di camping ground Sukamantri ini cukup lengkap. Mulai dari parkir kendaraan, beberapa warung, hingga kamar mandi juga tersedia di tempat ini. Untuk tiket masuknya kamu akan dikenakan tarif Rp5.000 dan untuk biaya camping, kamu harus membayar Rp20.000 per orang.

 

3. Camping Ground Curug Cipeteuy

Camping ground yang satu ini jadi tempat favorit Aladin, nih. Kenapa? Karena lokasi camp berdekatan dengan curugnya. Untuk menuju curug, kamu hanya perlu menuruni anak tangga dari lokasi camp. Di tempat ini juga ada beberapa curug yang bisa kamu datangi, selain Curug Cipeuteuy, ada Curug Segitiga dan Curug Cepet.

Sumber gambar: https://www.instagram.com/bemsssky/

Lokasi camping ground berada di Desa Tapos I, Kecamatan Tenjolaya, Kabupaten Bogor. Berada di kaki Gunung Salak, jadi suasananya sangat sejuk. Kalau kamu mau datang bisa dengan roda empat tapi harus berjalan kaki cukup jauh. Kalau naik sepeda motor, kamu bisa memarkirkan kendaraan lebih dekat dengan lokasi camp hanya sekitar 1 Km. Untuk bermalam di sini, kamu dikenakan biaya Rp35.000 per orang.

 

4. Bukit Alesano Camping Ground

Beda dari yang lain, camping ground yang satu ini tidak berada di deretan pepohonan yang rindang. Tapi pemandangan yang disajikan sungguh luar biasa. Kamu bisa menikmati indahnya suasana kota dari atas bukit. Pemandangan akan semakin menakjubkan ketika malam hari. Kamu bisa melihat lampu-lampu kota dari dalam tenda. Sungguh pengalaman berkemah yang wajib kamu coba.

Sumber gambar: https://www.instagram.com/igedejayapratama/

Berada di Desa Cipelang, Cijeruk membuat tempat ini tak sulit untuk dijangkau karena lokasinya dekat dengan pusat kota. Untuk mencapai Bukit Alesano, lebih baik kamu menggunakan sepeda motor. Butuh waktu 1 jam menuju lokasi melalui jalur Empang, Cipaku, Cihideung kemudian sampai di Cijeruk. Tiket masuknya Rp10.000 dan jika bermalam akan ada tambahan biaya Rp15.000.

 

5. Gunung Bunder Camping Ground

Tempat yang satu ini selalu jadi tempat favorit para pengunjung yang ingin berkemah. Apalagi jika akhir pekan tiba. Kamu harus siap-siap bertemu banyak pengunjung di tempat ini. Tapi Aladin tetap merekomendasikan tempat ini karena suasananya yang nyaman dan cocok untuk berkemah bersama teman atau pun keluarga. Rindangnya pohon pinus menambah nikmatnya suasana di sini. Ada beberapa curug yang dekat dengan lokasi camp, ada Curug Cigamea, Curug Ngumpet, Curug Cihurang, dan Curug Seribu.

Sumber gambar: https://www.instagram.com/hero_wp/

Lokasi Gunung Bunder Camping ground ini ada di Pamijahan, Bogor. Tidak sulit untuk menuju lokasi, kamu bisa menemukannya dengan menggunakan GPS. Untuk bermalam di camping ground ini, kamu akan dikenakan biaya Rp25.000 untuk satu orang. Fasilitas di lokasi ini pun cukup lengkap, ada toilet dan juga warung.

 

Itulah 5 lokasi camping ground yang ada di Bogor yang bisa kamu coba. Kalau kamu ingin menikmati suasana camp yang lebih asri, Aladin sarankan untuk berkemah di hari biasa. Kalau terpaksa berkemah di akhir pekan, usahakan untuk datang lebih awal agar bisa memilih tempat mendirikan tenda dengan spot yang terbaik. Selamat berkemah, ya!

Komentar