24.Nov.2020

5 Alasan Kenapa Kamu Harus Belanja Online


Belanja jadi salah satu kegiatan yang tak bisa dihindari. Saat ini, semua orang perlu berbelanja untuk mencukupi kebutuhannya. Namun di era sekarang yang serba modern, kebiasaan berbelanja itu mulai mengalami perubahan yang signifikan. Banyak orang lebih memilih untuk belanja online dari pada keluar rumah untuk pergi ke pasar, supermarket, toko, dan sebagainya.

0
0
0

 

Young woman with credit card paying online

Kegiatan belanja online ini memang semakin meningkat dan terus diminati masyarakat. Bahkan menurut Gubernur Bank Indonesia Perry Warjiyo yang dikutip oleh Kontan mengatakan bahwa nilai transaksi akan berada di Rp 429 triliun hingga akhir tahun 2020 ini. Sejalan dengan kenaikan transaksi e-commerce, transaksi digital banking dan transaksi uang elektronik juga meningkat.

Meningkatnya jumlah transaksi belanja online ini memang menjadi kebiasaan baru masyarakat sekarang. Apalagi di masa pandemi seperti sekarang ini. Masyarakat lebih memilih belanja online agar meminimalisir kemungkinan terpapar virus covid-19. Selain alasan itu, berikut ini ada 5 alasan kenapa kamu harus belanja online.

 

1. Belanja Online Lebih Murah

Silver Macbook Beside White and Green Iphone Case

Salah satu alasan utama seorang calon pembeli pindah ke toko lain adalah karena ada harga yang lebih murah. Begitu pun dengan masyarakat yang beralih ke belanja online. Harga yang ditawarkan biasanya lebih murah dibanding kamu belanja langsung. Apalagi kalau sedang ada promo, kamu bisa hemat uang lebih banyak. 

Adanya promo juga jadi daya tarik. Berbagai potongan harga ditawarkan pihak merchant di e-commerce. Misalnya saja tren tanggal unik dan juga perayaan Hari Belanja Online yang biasanya ada banyak potongan harga. Belanja online tentu akan lebih murah.

 

2. Lebih Cepat dan Praktis

People In Line

Bisa dilakukan dimana saja dan kapan saja jadi keunggulan belanja online. Kamu bisa melakukan transaksi kapan pun, bahkan di sela-sela jam kerja pun bisa. Jadi kamu bisa lebih menghemat waktu dalam berbelanja.

Belanja online juga jauh lebih praktis. Kamu nggak perlu pusing ambil barang belanjaan di toko. Cukup diam di rumah, maka pesananmu akan diantarkan oleh kurir yang tersedia. Jauh lebih praktis dibandingkan harus keluar rumah dan membawa barang belanjaan.

 

3. Pilihan Barang Lebih Lengkap

Doctor offering choice to patient in office

Ada kalanya saat kita belanja di toko atau supermarket, ada beberapa barang yang tidak ada di etalase toko. Itu membuat kita harus mencari pengganti barang atau harus keluar dan mencari toko lain. Kejadian itu tentu tidak akan terjadi kalau kamu belanja secara online.Pilihan barang yang lebih lengkap membuat kamu lebih mudah mencari barang yang kamu inginkan.

Kalau memang di satu e-commerce tidak ada, kamu bisa dengan mudah membuka e-commerce lain dan mencari barang yang sama. Tentunya itu sangat mudah kamu lakukan tanpa harus keluar rumah.

 

4. Bebas Membandingkan Barang

Women Comparing Yoga Mats

Lengkapnya barang yang tersedia di toko online kadang membuat kamu bingung mencari barang yang terbaik. Tapi kamu nggak perlu khawatir, karena kamu punya banyak waktu dan bisa dilakukan di mana saja, kamu bisa mencari perbandingan barang terlebih dulu.

Kamu bisa melihat ulasan-ulasan produk yang dijual. Bahkan kamu bisa melihat keadaan produk yang akan kamu beli melalui foto yang diunggah dari pembeli lainnya yang sudah lebih dulu membeli produk tersebut. Jadi kekhawatiran soal barang bisa diminimalisir.

 

5. Banyak Pilihan Pembayaran

Man Wearing a Face Mask Paying for Pizza Delivery

Keunggulan lainnya saat kamu belanja online adalah karena ada banyak pilihan metode pembayaran. Meski di supermarket atau toko offline lainnya sekarang sudah tersedia pilihan pembayaran non-tunai tapi jumlahnya masih terbatas. Kamu masih sulit menggunakan kartu debit atau dompet digital di pasar.

Beda dengan belanja online. Tiap e-commerce sudah menyediakan pilihan metode pembayaran yang bervariasi. Mulai dari transfer bank, kartu kredit, dompet digital bahkan secara tunai dengan metode Cash on Delivery. Itu semua disediakan untuk mempermudah transaksi kamu di e-commerce.

Itulah 5 alasan kenapa saat ini banyak orang memilih belanja online dari pada harus keluar rumah. Kira-kira alasan kamu belanja online masuk dalam 5 daftar di atas nggak nih? Kalau Mister sih yang paling utama karena ada promo.

Komentar