12.Mar.2019

5 Air Mancur Menari di Indonesia yang Cantiknya Bikin Jatuh Cinta


Pengen lihat air mancur menari yang cantik? Nggak perlu jauh-jauh sampai ke luar negeri. Indonesia juga punya dan pastinya nggak kalah cantek. Nih, Mister punya daftar 5 air mancur menari di Indonesia yang bisa bikin kalian jatuh cinta saking cantiknya.

0
0
0

1. Air Mancur Menari Lumintang, Denpasar

Sumber fotohttps://www.youtube.com/watch?v=IOrRYL2A8T8

Kalau kalian lagi berwisata ke Bali, sempatkan mampir untuk melihat air mancur menari yang satu ini. Lokasinya di taman kota Lumintang, Denpasar. Taman kotanya cukup luas, lho, yakni 33.000 m2. Letak taman kota tersebut juga mudah ditemukan, yakni tepat di seberang kantor pemerintah Kota Denpasar. Saat mampir ke sana dan melihat atraksi air mancur menarinya, dijamin kalian terkagum-kagum.

Posisi air mancur menari Lumintang ialah di tengah kolam yang diameternya berukuran 20 meter. Atraksi air mancur menarinya hanya ada tiap Sabtu dan Minggu pukul 19.00—21.00 Wita. Untuk lebih menarik perhatian pengunjung, terpasang lampu sorot beraneka warna yang membuat air mancur berwarna-warni. Cantik, deh, pokoknya! Nah, yang unik, atraksi air mancur menari tersebut diiringi lagu anak, seperti “Naik-naik ke Puncak Gunung” dan “Burung Kakatua”. Keren juga, ya, idenya. Bisa jadi alat buat melestarikan lagu-lagu anak yang perlahan-lahan hilang.

Selain pertunjukkan air mancur menari, ada pula video mapping 3D yang ditampilkan di tengah-tengah air mancur. Gambar yang muncul dalam video tersebut adalah sekelompok wanita yang membawakan tari Legong. Video mapping 3D diputar pada pukul 20.00 Wita.

2. Air Mancur Menari Sri Baduga, Purwakarta

Air mancur menari di Indonesia

Sumber fotohttps://spiritnews.co.id/hiburan/wisata/asyik-di-akhir-libur-sekolah-taman-air-mancur-sri-baduga-purwakarta-dibuka

Air mancur terbesar se-Indonesia? Atau bahkan se-Asia Tenggara? Air mancur Sri Baduga jawabannya. Lokasinya di taman Sri Baduga di kawasan Situ Buleud, Purwakarta, Jawa Barat. Air mancur yang kini menjadi ikon pariwisata Purwakarta tersebut diresmikan 2 tahun lalu, tepatnya pada Februari 2017. Menteri Pariwisata Arief Yahya-lah yang meresmikannya.

Jika kalian ingin menyaksikan kecantikan air mancur menari ini, kalian harus datang pada Sabtu. Pertunjukkannya diadakan tiga kali, yakni pada pukul 19.30 WIB, 21.00 WIB, dan 22.00 WIB. Tahu nggak, di sini ada 2.000 semprotan air mancur, lho. Banyak banget, ya. Terus, tinggi air mancurnya bisa sampai 6 meter. Wow!

Di tengah-tengah air mancur, ada patung Kian Santang dalam posisi duduk bersila di atas bunga lotus besar. Kian Santang adalah anak dari Prabu Siliwangi atau dikenal juga dengan nama Sri Baduga. Selain itu, di area air mancurnya juga ada panggung berbentuk T. Panggung tersebut difungsikan sebagai tempat pertunjukkan kesenian tradisional berupa tarian dan musik.

3. Bridge Fountain di Semarang

Air mancur menari di Indonesia

Sumber fotohttps://semarangpedia.com/air-mancur-menari-bkb-semarang-siap-dioperasikan/

Ini, nih, air mancur menari paling baru. Air mancur ini diresmikan saat pergantian tahun 2018 ke 2019. Dikatakan bridge fountain karena air mancur ini berada di sisi jembatan kanal banjir barat Semarang, Jawa Tengah. Saat peresmian berlangsung, banyak warga Semarang yang berbondong-bondong datang menyaksikan. Sambil menyaksikan keindahan air mancur sambil ngerayain tahun baru.

Pembuatan air mancur ini berjalan selama 6 bulan dan menelan biaya hingga Rp17 miliar. Wagelaseh! Sama seperti kedua air mancur sebelumnya, pertunjukkan air mancur menari di Semarang ini disertai iringan musik dan di air mancurnya dipasang lampu warna-warni. Pada Senin—Kamis dan Minggu, jadwal pertunjukkan bridge fountain ialah pada pukul 19.30—20.00 WIB. Sementara itu, pada Jumat dan Sabtu, pertunjukkannya diadakan dua kali, yakni pada pukul 19.30—20.00 WIB dan pukul 21.00—21.30 WIB.

4. Bridge Fountain di Surabaya

Air mancur menari di Indonesia

Sumber fotohttps://www.surabayarek.com/air-mancur-menari-jembatan-kenjeran-suroboyo

Bukan cuma Semarang yang punya bridge fountain, di Surabaya juga ada. Bridge fountain di Surabaya berlokasi di jembatan Suroboyo, jembatan yang berada di kawasan wisata Pantai Kenjeran. Jembatan tersebut diresmikan pada 2016 dan panjangnya 400 meter. Pertunjukkan air mancur menarinya bisa kalian saksikan tiap Sabtu dan Minggu pada pukul 20.00—21.00 WIB. Pada jam-jam tersebut, di area sekitar air mancur diberlakukan car free night alias kendaraan bermotor tidak diperbolehkan melintas.

Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini punya alasan tersendiri dengan mengatur jadwal pertunjukkan air mancur menari pada pukul 20.00—21.00 WIB. Alasannya, supaya wisatawan yang datang dari luar kota nggak langsung terbang kembali ke kotanya, melainkan menginap di Surabaya. Pada jam berakhirnya pertunjukkan air mancur menari memang biasanya udah nggak ada lagi penerbangan. Dengan wisatawan memilih untuk menginap di Surabaya, maka itu bisa turut ningkatin perekonomian.

Saat atraksi air mancur menari berlangsung, ada iringan musik dari 4 lagu , yakni lagu “Surabaya”, lagu “Jembatan Merah”, dan dua lagu gubahan Mozart. Oh, ya, pada Agustus 2018 lalu, air mancur menari di Surabaya ini sempet berhenti beroperasi karena masih dalam perbaikan. Namun, kini sudah normal kembali.

5. Air Mancur Menari di Siak

Air mancur menari di Indonesia

Sumber fotohttp://curvetube.com/Air_Mancur_MAHRATU_Siak_Sri_Indrapura/kdILk4sV4sQ.video

Terakhir adalah air mancur menari yang terletak di Kabupaten Siak, Riau. Air mancur ini merupakan bagian dari taman Mahratu yang berlokasi di tepi Sungai Siak. Pertunjukkan air mancur menarinya diadakan tiap Sabtu dan Minggu pukul 20.00—20.30 WIB. Posisi air mancurnya berada di tengah kolam berukuran 150 m2. Air mancur ini diresmikam pada 2015 dan untuk membuatnya menelan biaya sebesar Rp3,8 miliar. Emang weowe banget, ya, biaya buat bikin air mancur.

Cantik-cantik banget, kan, kelima air mancur di atas? Jadi tergoda pengen ke sana, deh.

Komentar