15.Jul.2020

4 Kuliner Khas Sumba yang Harus Kamu Cicipi, Ada yang Mulai Langka


Bukan cuma kaya akan destinasi wisata yang memesona. Sumba juga punya makanan khas yang wajib kamu cicipi kalau kamu main ke sana. Nggak kalah dari daerah-daerah lain di Indonesia, Sumba punya makanan tradisional yang mampu bertahan hingga kini. Nah, berikut ini 4 makanan khas Sumba yang harus kamu cicipi.

0
0
0

 

1. Rumpu Rampe

Resep Tumis bunga pepaya, daun pepaya+singkong dgn ebi, no msg ...

Sumber gambar: https://cookpad.com/id/resep/1711667-tumis-bunga-pepaya-daun-pepayasingkong-dgn-ebi-no-msg

Kalau biasanya bagian dari pohon pepaya yang dijadikan olahan makanan adalah daun dan buahnya. Kali ini bunga daun pepaya bisa dijadikan makanan khas oleh masyarakat Sumba. Namanya Rumpu Rampe. Olahan bunga pepaya ini diolah dengan cara ditumis bersama daun singkong, daun pepaya, dan jantung pisang. Masyarakat Sumba biasanya mengolah Rumpu Rampe dengan menambahkan ikan teri asin sebagai pelengkap. Perpaduan rasa gurih, pahit dan asin ini akan menambah selera makan kamu pastinya. Cocok untuk makan siang.

 

2. Kaparak

Kaparak, Olahan Jagung Enak Khas Orang Sumba - MerahPutih

Sumber gambar: https://merahputih.com/post/read/kaparak-olaha-jagung-enak-khas-orang-sumba

Kamu pernah dengar makanan Sagon Bubuk khas Betawi? Nah ternyata masyarakat Sumba juga punya nih makanan khas yang hampir mirip dengan itu. Namanya Kaparak. Bedanya, Kaparak ini terbuat dari jagung yang ditumbuk kemudian disangrai. Tapi kamu bisa juga buat Kaparak dengan beras dan sagu. Jagung yang telah ditumbuk itu disangrai bersama kacang yang sudah ditumbuk, kelapa dan gula pasir. Meski pengolahannya sederhana, Kaparak ini jadi salah satu makanan yang enak di Sumba. Jangan lupa cobain ya.

 

3. Ka'pu Pantunnu

Oseng Jantung Pisang – resep easy & healthy

Sumber gambar: https://uniek88.wordpress.com/2016/07/30/oseng-jantung-pisang/

Bukan cuma Rumpu Rampe yang salah satu bahan olahannya adalah jantung pisang. Ka’pu Pantunnu juga, lho. Bedanya, jantung pisang di Ka’pu Pantunnu ini dijadikan bahan dasarnya. Kalau kamu ke sana dan mau coba belajar membuat Ka’pu Pantunnu, kamu harus menggunakan jantung pisang yang bagian dalam ya, karena teksturnya lebih lembut. Sebelum diolah, jantung pisang ini dibakar terlebih dulu, baru kemudian diiris kecil-kecil. Rasanya yang sedap sangat cocok buat teman makan nasi. Apalagi di dalam olahannya dicampur parutan kelapa panggang dan potongan daun kemangi. Sangat sedap pokoknya.

 

4. Manggulu

Manggulu Oleh-oleh Dodol Pisang Kacang Dari Sumba Timur | Daerah ...

Sumber gambar: https://www.daerahkita.com/artikel/149/manggulu-oleh-oleh-dodol-pisang-kacang-dari-sumba-timur

Kata siapa kalau yang punya dodol itu Garut doang? Sumba Timur juga punya, lho. Namanya Manggulu. Dodol khas Sumba Timur ini berbahan dasar pisang dan kacang yang dibungkus dengan daun pisang. Rasanya sedikit manis meski tidak ditambahkan gula pada saat proses pembuatannya. Walaupun bahan dasarnya sangat sederhana dan mudah didapat, proses pembuatannya cukup memakan waktu, lho. Pisang kepok yang dijadikan bahan utama harus dikeringkan terlebih dahulu baru selanjutnya disangrai bersama kacang yang sudah ditumbuk. Sebagai informasi, Manggulu ini sudah semakin jarang diproduksi di Sumba karena sudah tergeser dengan makanan yang lebih instan. Jadi kalau kamu ke Sumba, jangan lupa beli Manggulu ya buat oleh-oleh, sekalian buat promosi ke temen-temen.

Komentar