28.Dec.2016

Ini 8 Resolusi Traveling di Tahun Baru yang Harus Kamu Coba


 

0
0
0

Tahun baru udah di depan mata, nih Aladiners! Seperti biasanya, selain nyiapin terompet, kembang api, dan makanan untuk menyambut tahun baru, banyak orang yang membuat resolusi untuk jadi pribadi yang lebih baik lagi di tahun mendatang. Selain resolusi kesehatan, percintaan, sekolah/karier, resolusi traveling juga penting, lho. Resolusi ini bisa ngebantu kamu untuk bisa ngerasain traveling yang lebih berkesan dibanding tahun-tahun sebelumnya. Masih bingung bikin daftarnya? Nih, Mister kasih beberapa contoh yang bisa kamu cobain!

1. Puasa gadget saat perjalanan

Sumber gambar: Shutterstock

Fenomena masa kini: mampir tempat keren, foto-foto, terus langsung gatel buka instagram untuk upload foto saat itu juga. Wajar, sih, karena di zaman sekarang ini memang susah banget rasanya untuk lepas dari gadget. Nah, tahun depan, coba kamu tahan diri utak-atik ponsel dan tablet terlalu sering saat jalan-jalan.  Cek notifikasi atau update media sosial saat kamu udah di penginapan atau rumah.

Daripada sibuk scrolling timeline saat di bis, mending kamu ajak ngobrol temen seperjalanan kamu, deh. Sayang banget kalau kamu sampai ngelewatin banyak pemandangan indah dan beragam bentuk manusia saat sibuk nunduk liatin layar gadget.

2. Bangun pagi untuk melihat matahari terbit

Sumber gambar: Shutterstock

Liburan kok disuruh bangun pagi-pagi buta? Itu melanggar hak asasi! Iya-iya, Mister paham banget kalau bangun pagi itu sesuatu yang membutuhkan segenap nyali dan kegigihan yang besar. Meskipun begitu, masa kamu rela melewatkan indahnya matahari yang baru terbit cuma karena terlalu akrab sama bantal dan selimut?

Makanya, di tahun yang baru, cobain setidaknya sekaliii aja keluar dari penginapan atau tenda kamu saat hari masih gelap, cari tempat terbaik untuk melihat matahari terbit, dan rasain efeknya yang bikin terharu, merinding, sekaligus bahagia! Dalam ilmu psikologi, ngeliat matahari terbit punya efek terhadap daya tahan tubuh dan kesehatan mental yang bagus banget.

3. Memanjakan diri saat traveling

Sumber gambar: Shutterstock

Dear Aladiners yang terbiasa dekap erat dompet saat traveling, sekali-sekali relakanlah uangmu keluar uang lebih banyak untuk memanjakan diri. Kalau biasanya kamu milih naik bis puluhan jam untuk memotong biaya transportasi dan penginapan, tahun depan cobalah naik pesawat dengan pelayanan lengkap. Rancanglah satu perjalanan dimana kamu bisa leyeh-leyeh seharian atau nyobain spa terbaik di tempat tujuan kamu. Inget, nabungnya juga harus lebih gigih, ya. Hehe.

4. Traveling di luar zona nyaman kamu

Sumber gambar: Shutterstock

Bukan berarti kamu harus pergi ke negara yang lagi konflik atau jalan melipir di pinggir tebing, kok. Kalau selama ini kamu lebih suka santai di pantai atau belanja-belanja lucu di kota besar, di tahun depan kamu bisa coba naik gunung atau keliling museum untuk memperkaya pengalaman traveling. Buat Aladiners yang terbiasa nginep di hotel selama liburan, tahun depan saatnya bawa tenda sendiri untuk berkemah di tepi pantai atau gunung!

5. Jadi traveler yang lebih bertanggung jawab

Sumber gambar: Shutterstock

Naik gunung masih suka buang sampah atau metik bunga edelweiss? Main ke pantai masih sering ninggalin bungkus bekas camilan di pasir? Jalan keliling kota masih suka selfie sambil nginjek bunga-bunga di taman? Tinggalin kebiasaan buruk ini sekarang juga. Tahun depan harus jadi momen kamu berubah jadi traveler yang lebih peduli sekitar dan bertanggung jawab.

Selain jaga kelestarian alam, kamu juga bisa ajak temen-temen untuk ngelakuin sesuatu yang bermanfaat untuk masyarakat lokal di tempat tujuan kamu. Ngumpulin buku-buku bekas untuk anak-anak suku di Wae Rebo atau mungutin sampah di gunung bisa jadi ide yang bagus, tuh!

6. Cobain traveling sendirian

Sumber gambar: Shutterstock

Selamat buat Aladiners yang udah nyobain traveling sendirian tahun ini! Nah, buat kamu yang masih deg-degan pergi tanpa ditemenin kakak atau sahabat, tahun depan waktunya untuk melawan rasa takut ini. Asal kamu ngelakuin persiapan dan matang, pilih tujuan liburan yang ramah turis, dan banyak berdoa, pengalaman solo traveling bakal jadi kenangan yang berharga banget dalam hidup. Ingat, kita nggak pernah bener-bener sendirian saat traveling. Bakal selalu ada 'temen baru' yang ngebantu.

7. Berbagi kisah traveling

Sumber gambar: Shutterstock

Kamu udah sering traveling selama bertahun-tahun? Tahun depan, saatnya berbagi kisah kamu! Ceritain pengalaman-pengalaman perjalanan kamu supaya bisa menginspirasi orang lain. Jangan lupa, kasih tahu juga tips berguna yang bisa bikin perjalanan mereka jadi lebih gampang dan berkesan. Di jaman serba internet kayak sekarang ini gampang banget, kok, kalau mau berbagi. Kamu bisa mulai dengan nulis review tempat wisata atau hotel tempat kamu nginep sampai nyeritain kisah lengkap perjalanan kamu di blog. Jangan lupa, sertakan foto-foto juga, ya, supaya makin informatif.

8. Traveling buat bersihin hati

Sumber gambar: Shutterstock

Udah terlalu banyak konflik yang terjadi di tahun 2016. Biar dunia lebih damai, yuk mulai bersihin hati sendiri. Semoga di tahun mendatang kita semua bisa lebih gampang memaafkan kesalahan orang, nggak mudah tersinggung, dan yang paling penting nggak punya keinginan buat ngebales orang lain yang udah menyakiti kita. Nah, supaya hati makin adem, traveling bisa jadi salah satu obatnya! Kamu harus cobain mengunjungi tempat-tempat yang terkenal dengan yoga retreat atau meditasinya. Bali, Nepal, dan Tibet bisa jadi destinasi yang cocok, tuh!

Komentar

Tinggalkan Komentar: