01.Aug.2021

3 Pantai di Aceh yang Menakjubkan


Lama nggak liburan, jadi kangen banget sama pantai. Gimana kabarnya ya sekarang? Aladiners nggak usah sedih gitu, biar pun sekarang masih belum bisa liburan, kamu masih bisa rencanain liburan dari sekarang. Nah, kali ini, Mister akan kasih kamu rekomendasi pantai di Aceh yang begitu menakjubkan. 

0
0
0

 

Siapa yang tak kenal dengan provinsi di ujung Barat Indonesia ini. Nanggroe Aceh Darussalam, yang juga dikenal dengan julukan Tanah Serambi Mekah ini memang menyimpan banyak cerita di dalamnya. Salah satu yang paling melekat adalah musibah besar pada 2004 lalu. Meski begitu, sekarang ini masyarakat Aceh sudah jauh meninggalkan keterpurukan. Mereka sudah bangkit dari musibah tsunami itu. Terutama bagi destinasi-destinasi wisata yang dulu terkena imbasnya.

Pantai, jadi salah satu destinasi wisata yang dulu hancur lebur akibat tsunami, tapi sekarang keindahannya telah kembali. Berikut ini daftar pantai di Aceh yang indahnya luar biasa.

 

Pantai Lampuuk

Sumber gambar: https://www.instagram.com/rizkimunaf/

Pantai yang jaraknya sekitar 15 kilometer dari Kota Banda Aceh ini dulu hancur lebur akibat tsunami. Hotel-hotel dan rumah penduduk hancur dilibas ganasnya ombak besar. Bahkan hampir separuh masyarakat di Lampuuk ini meninggal dan enggan datang lagi. Tapi sekarang, keindahannya telah kembali.

Keindahan pantai ini sungguh luar biasa. Kamu akan menikmati garis pantai yang menawan sepanjang 5 km. Pasir putihnya yang lembut dan bersih berpadu cantik dengan ombak besar yang menerpa. Suara gulungan ombaknya sangat merdu. Apalagi pemandangan perbukitan di sekitar pantai, membuat pandangan mata semakin terpesona.

 

Sumber gambar: https://i.misteraladin.com/blog/2021/07/28102602/pantai-lampuuk-iko.tondang.jpg/

Selain duduk santai di pinggir pantai, kamu juga bisa lho berselancar di pantai ini. Bagi kamu yang punya hobi berselancar, wajib banget nih untuk coba ombak di Pantai Lampuuk ini. Bahkan tak jarang ada yang menyebut kalau Pantai Lampuuk adalah Kuta-nya Aceh. Tapi kalau kamu nggak mau berselancar, di sini juga tersedia wahana air lainnya seperti banana boat.

 

Pantai Lhoknga

Sumber gambar: https://indonesiakaya.com/

Berada tak jauh dari Pantai Lampuuk, kamu bisa menemukan Pantai Lhoknga yang masih berada dalam satu kawasan. Pantai ini sangat luar biasa. Selain pemandangannya yang indah, pantai ini dinobatkan sebagai spot surfing terbaik di Aceh.  

 

Ombak di pantai ini sangat menggiurkan bagi para pecinta selancar. Tinggi ombaknya bisa mencapai 2 meter, sehingga sangat nyaman bagi siapa pun yang ingin berselancar. Ada 5 titik ombak yang bisa kamu coba di Pantai Lhoknga ini. Pertama, Left Hander Point, ombak sebelah kiri yang jaraknya 300 meter dari bibir pantai. Kedua, Cemara Right Point, ombak sebelah kanan yang jaraknya 300 meter dari bibir pantai. Ketiga, Peak Point, ombak kanan dan kiri yang jaraknya 300 meter dari pantai. Keempat, Suri Point. Diambil dari nama peselancar bernama Suri yang menjadi korban tsunami 2004. Yang terakhir, Outside Right Hander, ombak kanan yang jaraknya 500 meter dari garis pantai dan memiliki arus yang kuat dan berbahaya.

 

Pantai Lange

Sumber gambar: https://www.instagram.com/dendy_montgomery/

Tempat wisata yang masih alami memang sangat luar biasa. Indahnya tak bisa dibandingkan dengan apa pun karena bentuknya masih sangat natural. Itulah yang tersaji jika kamu berkunjung ke Pantai Lange. Meski tanpa fasilitas memadai, Pantai Lange ini bisa jadi alternatif bagi kamu yang suka berpetualang.

Lokasinya berada di Desa Lam Lhom, kecamatan Lhoknga, Kabupaten Aceh Besar. Bukan hal yang mudah untuk bisa sampai ke pantai ini. Dari Banda Aceh, kamu harus menempuh perjalanan sejauh 20 km terlebih dulu menuju pintu masuk Pantai Lampuuk, setelah itu ambil jalan desa menuju persimpangan Gampong Meunasah Lamgirek. Selama perjalanan, kamu akan menyusuri hutan yang sepi, jalanan berbatu, hingga tanjakan dengan kemiringan 45 derajat. Waktu yang ditempuh hampir 2 jam dari Pantai Lampuuk tadi.

Meski begitu, bagi kamu berjiwa petualang pasti akan menikmati perjalanan dengan santai karena keindahan di setiap perjalanannya sungguh memukau. Saat tiba di Pantai Lange, kamu akan menyaksikan pantai berpasir putih yang begitu indah dan sunyi. Kamu akan merasa seperti sedang berada di pantai pribadi karena sangat jarang orang yang datang ke pantai ini. Uniknya lagi, di dekat Pantai Lange kamu akan menyaksikan air mancur setinggi 5 meter yang muncul dari lubang tebing di garis pantai.

 

Itulah tiga rekomendasi pantai yang bisa kamu kunjungi di Aceh Besar. Lokasinya yang berdekatan bisa jadi alternatif liburan pantai sekaligus. Jadi gimana? Tertarik untuk berkunjung ke Aceh? Yuk, jadikan tiga pantai ini sebagai destinasi wisata kamu selanjutnya. Sekarang, stay safe dulu, ya!

Komentar