10 Tempat Keren di Rio de Janeiro, Brazil, yang Masih Jarang Diketahui Orang


Jangan cuma kepikiran sepakbola atau waxing aja kalau lagi ngobrolin Brazil! Negara yang katanya penduduknya ramah-ramah (dan rupawan) ini menarik juga, lho, buat dikunjungin. Di Rio de Janeiro sendiri, ada banyak tempat keren yang belum banyak diketahui orang. Pas banget, nih, buat kamu yang pengin anti mainstream saat liburan!

0
0
0

1. Largo do Boticário

sumber foto: 360stories.com

Bangunan ini keliatan gak keurus gara-gara tanaman rambat yang melilitnya, tapi Largo do Boticario adalah bangunan bergaya neoklasik yang bersejarah, lho. Arsitekturnya yang unik dan catnya yang colorful cocok buat jadi objek foto kamu.

2. Real Gabinete Portugues da Leitura

sumber foto: brasileiraviajante.com.br

Kamu yang gak suka baca buku pasti langsung rajin baca begitu  masuk ke tempat yang berarti Ruang Membaca Kerajaan Portugis) ini. Berlokasi di pusat kota Rio, tempat ini terkenal dengan arsitekturnya yang keren, koleksi bukunya yang lengkap banget, dan termasuk perpustakaan terbesar di luar wilayah Portugal.

3. Mangueira’s Palacio de Samba

sumber foto: mangueira.com.br

Tahu, kan, kalau Brazil terkenal dengan tarian Sambanya? Nah, di bulan September, Sekolah Samba Mangueira ini lagi sibuk-sibuknya latihan buat karnaval di bulan Februari. Sesi latihan mereka terbuka buat umum setiap Sabtu malem. Di sini kamu bisa ketemu banyak warga setempat yang friendly banget dan ngeliat betapa kerennya kostum khas mereka yang berwarna-warni.  Seru!

4. Parque Lage

sumber foto: suitcasemag.com

Pernah muncul di video klipnya Snoop Dogg, Black Eyed Peas, dan Pharrell Williams, Parque Lage mirip tempat peristirahatan kalangan  jet set yang menyatu dengan alam. Mansion putihnya udah beralih fungsi jadi taman umum and sekolah seni, dan pemandangan kaki gunung Corcovado-nya jadi alas patung Christ the Redeemer yang terkenal itu. Instagenic!

5. Pemakaman São João Batista

sumber foto: upload.wikimedia.org

Kayak gak ada kuburan aja di Indonesia? Eits, tunggu dulu, gaes. Kuburan yang satu ini artistik dan gak terkesan serem (mungkin karena bentuk hantunya beda). Di sini kamu bisa ngeliat beragam bentuk nisan dan makam yang menunjukkan betapa beragamnya budaya di Brazil. Ada yang bergaya neo klasik, eklektik, neo gotik, bahkan art deco! Oh iya, pemakaman ini juga jadi tempat peristirahatan terakhir banyak mantan presiden Brazil, selebritas, dan pemusik terkenal. Wah, harus banget nih ke sini.

6. Katedral Rio de Janeiro

sumber foto: themodernnomad.com

Sering disebut Katedral de São Sebastião, bangunan ini adalah salah satu katedral dengan bentuk yang gak biasa. Daripada tempat ibadah, katedral ini lebih mirip sarang lebah futuristik dari masa depan. Luarnya memang keliatan biasa aja, tapi di dalemnya kamu bisa liat dinding-dinding setinggi 60 meter yang dihiasi kaca patri berwarna-warni.

7. Ilha Fiscal

sumber foto: yourholidayhomes.com

Agak minggir dari kota Rio de Janeiro, ada pulau kecil bernama Ilha Fiscal di tanjung Guanabara. Apa istimewanya pulau ini? Rupanya, di sanalah lokasi perayaan pesta terakhir sebelum Brazil berubah dari kekaisaran jadi republik. Kamu bisa ngeliat istana bergaya neo gotik yang sekarang jadi pusat kebudayaan tempat diadainnya beragam pameran seni.

8. Prainha

sumber foto: expedia.com

Prainha yang berarti “Pantai Kecil” ini jadi incarannya para peselancar dari seluruh dunia. Meskipun tempatnya susah dijangkau, tempat ini enak banget buat nyantai tanpa diganggu terlalu banyak turis. Pasir putih dan pemandangan perut  kotak-kotak abang surfer bikin mata siapa pun jadi terhibur!

9. Arco de Teles

sumber foto: blog.aboutrio.com.br

Kurang lengkap rasanya liburan tanpa mampir ke daerah kuliner setempat. Kalau di Jakarta ada kawasan Sabang dan Pecenongan, Rio de Janeiro punya Arco de Teles. Kawasannya ditandai gerbang melengkung yang mengarah ke jalanan berbatu yang cantik. Setelah jalan beberapa saat, di kanan-kiri jalan ada banyak bar dan restoran dengan harga terjangkau, lho! Kamu bisa mampir buat ngerasain makanan khas Brazil sampai ngeliat pertunjukan Samba live yang bikin kamu pengin goyang.

10. Cachoeira do Horto

sumber foto: deixadefrescura.com

Cari yang berbau alam di Rio de Janeiro gak susah, kok. Kalau kamu ke kawasan hutan Tijuca yang berjarak kira-kira satu jam dari pusat kota, kamu bisa nemuin “curug” alias air terjun cantik Cachoeira do Horto. Meskipun kecil, hiasan pepohonan tinggi di sekitarnya bikin kamu betah seharian di sini. Jangan lupa nyebur, ya. Airnya seger banget, lho!

Komentar

Tinggalkan Komentar: