06.Dec.2017

10 Tempat Diving Paling Cantik di Indonesia


Sebagai negara kepulauan terbesar di dunia, nggak aneh kalau Indonesia punya banyak banget pantai-pantai cantik berpasir putih dambaan orang-orang di seluruh dunia. Tapi kecantikan alam maritim Indonesia bukan cuma di pantainya aja, lho, Aladiners. Keindahan sebenarnya justru ada di bawah lautnya. Masuk ke dalam jajaran negara-negara dengan kehidupan bawah laut terkaya di dunia, negara kita punya banyak lokasi diving yang jadi impian para diver dalam maupun luar negeri. Mau tahu apa aja? Yuk, kita simak bareng-bareng.

0
0
0

1. Pulau Weh, Aceh

Pulau Weh

Sumber foto: risya29.wordpress.com

Kata siapa spot-spot diving yang cantik kebanyakan ada di bagian tengah dan timur Indonesia? Berada di sebelah barat daya Nusantara, pulau yang satu ini udah dijadikan sebagai taman wisata sejak Desember 1982, lho. Kecantikan bawah lautnya nggak perlu dipertanyakan lagi. Selain relatif masih "perawan", beberapa diving spot di sekitar Pulau Weh tergolong unik. Misalnya spot Sophie Rickmers di mana kamu bisa melihat bangkai kapal sepanjang 134 meter yang tenggelam di tahun 1940. Ada juga The Canyon yang dikenal sebagai spot tercantik di Pulau Weh. Di The Canyon kamu bisa ngerasain pengalaman diving di antara bebatuan vulkanik di kedalaman 15 - 70 meter dengan cahaya yang remang-remang. Serem-serem seru gitu!

2. Alor, NTT

Alor

Sumber foto: oldlook.indonesia.travel

Ini, nih, salah satu lokasi diving impian para diver bukan cuma di Indonesia, tapi juga seluruh dunia! Di sini ada 56 diving spot yang bisa kamu jelajahi. 26 di antaranya ada di bagian Selat Pantar. Walaupun mungkin namanya masih asing di telinga kita, tapi Selat Pantar udah terkenal, lho, di kalangan diver mancanegara. Keindahannya pun katanya melebihi Raja Ampat! Selain ribuan jenis ikan berwarna-warni, di sini juga ada banyak spesies ikan langka yang bahkan belum diberi nama. Selain itu di salah satu diving spot yang ada Alor, Shark Close, kamu bisa ketemu sama beberapa spesies hiu dasar laut yang jinak, lho.

3. Wakatobi, Sulawesi Tenggara

Diving the reefs at Wakatobi present underwater photographers a

Sumber foto: blog.wakatobi.com

Wakatobi itu nama singkatan, lho. Kepanjangannya adalah nama-nama pulau yang termasuk dalam wilayah ini, yaitu Wangi-Wangi, Kaledupa, Tomia, dan Binongko. Daerah ini udah dijadikan sebagai taman nasional oleh pemerintah sejak tahun 1996. Bahkan UNESCO juga menjadikan Wakatobi sebagai salah satu cagar biosfer dunia, lho untuk melindungi kekayaan bawah laut yang ada di sini. Kedalamannya pun bervariasi, dari yang dangkal hingga 1.044 meter. Ada sekitar 750 spesies koral dan ratusan jenis ikan yang bisa kamu temukan di sini. Yang paling seru, setiap Bulan November kamu bisa ngeliat sekawanan hiu sperma yang bermigrasi ke sini untuk mencari makan!

4. Bunaken, Sulawesi Utara

Bunaken

Sumber foto: www.trekkingdivingliving.com

Perairan yang satu ini dijadikan taman nasional oleh pemerintah sejak tahun 1991. Dengan kata lain, Bunaken merupakan taman laut pertama di Indonesia, Aladiners! Dengan luas sekitar 890 km2, Bunaken merupakan perwakilan dari ekosistem laut yang ada di Indonesia. Kenapa? Soalnya hampir semua bisa kamu temukan di sini. Mulai dari padang rumput laut, gugusan terumbu karang, sampa pantai-pantai cantik. Dengan sekitar 20 spot diving, Bunaken gampang banget untuk kamu kunjungi. Cuma sekitar 35 menit naik kendaraan dari pusat kota Manado.

5. Pulau Komodo, NTB

Komodo

Sumber foto: www.reefrainforest.com

Pulau Komodo ternyata bukan cuma terkenal akan komodonya aja, lho, Aladiners. Selain pink beach dan padang sabananya, kekayaan bawah laut Pulau Komodo juga udah terkenal ke mancanegara. Dengan airnya yang jernih, di sini kamu bisa ketemu dengan 385 spesies terumbu karang, 10 spesies lumba-lumba, dan ribuan spesies ikan berwarna-warni seperti ikan badut, barakuda, hingga beragam jenis hiu karang. Walau kecantikan bawah air Pulau Komodo bisa kamu nikmatin sepanjang tahun, tapi di bulan-bulan Maret - April dan September - November kamu bisa mendapatkan pengalaman menyelam dikelilingi ratusan pari manta di sekitar kamu. Keren banget!

6. Raja Ampat, Papua

Raja Ampat

Sumber foto: touristexpedition.com

Dengan sekitar 1.500 pulau-pulau kecil, Raja Ampat terkenal sebagai salah satu spot diving terindah di dunia. Kenapa? Soalnya Raja Ampat ini masuk ke dalam wilayah Segitiga Terumbu Karang yang merupakan sebutan untuk lokasi-lokasi dengan kehidupan bawah air terkaya di dunia. Dibandingkan dengan perairan Karibia yang katanya, sih, diving spot terbaik di dunia, Raja Ampat punya hampir 600 spesies terumbu karang (75% dari seluruh spesies terumbu karang yang ada di bumi)! Sedangkan Karibia cuma punya 70 spesies aja. Jauh banget, kan?

7. Nusa Penida, Bali

1806941an

Sumber foto:i.telegraph.co.uk

Sebenernya ada banyak spot diving di Bali yang namanya udah terkenal di kalangan diver dan wisatawan pada umumnya. Tapi Nusa Penida lah yang menurut Mister paling cantik dan unik. Bukan cuma beragam jenis ikan yang bisa kamu temuin di sini. Ada banyak spot menarik yang bakal bikin kamu pengen buru-buru menyelam di Nusa Penida. Salah satunya adalah pengalaman diving bareng puluhan pari manta di Manta Point. Selain itu ada juga spot diving bernama SD Point yang sayangnya cuma bisa dikunjungi sama para diver advanced karena arusnya yang kuat. Di spot diving ini kamu bisa bermain sama ikan mola-mola yang bentuknya unik.

8. Selat Lembeh, Sulawesi Utara

Selat Lembeh

Sumber foto: photography.nationalgeographic.com

Perairan yang satu ini sering dianggap remeh karena luasnya yang nggak seberapa, cuma sepanjang 16 km dengan lebar 1 - 2 km. Tapi bukan berarti Selat Lembeh nggak punya keistimewaan, lho. Coba, deh, kamu bayangin. Dengan luasnya yang cuma segitu, Selat Lembeh punya 88 spot diving! Sambil menyelam, di sini kamu bisa ketemuan sama hiu paus, dugong, kuda laut pygmy yang super imut, sampai udang mantis yang merupakan udang super keren yang bisa mendidihkan air di sekitarnya kalau ngerasa terancam. Selain itu, sebagian besar area diving Selat Lembeh tergolong dangkal (sekitar 8 meter). Saking jernihnya perairan ini, jangkauan visibility-nya hingga 20 meter, lho.

9. Teluk Cendrawasih, Papua

Teluk Cendrawasih

Sumber foto: hdimagelib.com

Diving di Papua emang nggak ada matinya, deh. Selain Raja Ampat yang udah terkenal di semua kalangan, baik diver maupun bukan, Papua juga punya diving spot lainnya yang nggak kalah kerennya. Teluk Cendrawasih namanya. Teluk Cendrawasih ini adalah taman nasional dengan perairan terluas di dunia, lho. Selain itu, Teluk Cendrawasih juga merupakan salah satu perairan di Indonesia di mana kamu bisa ketemua lumba-lumba, ikan duyung, hiu paus, sampai hewan terbesar di dunia, paus biru, secara bersamaan!

10. Halmahera, Maluku

Halmahera

Sumber foto: www.diveworldwide.com

Kecantikan dan kekayaan bawah air di timur Indonesia bukan cuma bisa kamu lihat di Papua. Tetangganya, Maluku, juga punya banyak spot diving super cantik yang harus banget kamu kunjungi. Halmahera salah satunya. Berbatasan langsung dengan Samudra Pasifik, perairan Halmahera punya kekayaan bawah laut yang luar biasa indah. Mulai dari penyelam newbie sampai advanced, semuanya punya spot-spot masing-masing. Salah satu lokasi diving tercantik di Halmahera adalah Morotai yang dikenal sebagai tempat diving bersejarah. Kenapa bersejarah? Soalnya di sini ada banyak banget bangkai kapal dan pesawat dari Perang Dunia II. Menariknya, kamu udah bisa ngeliat bangkai-bangkai kapal ini di kedalaman 20 - 30 meter.

Komentar