22.May.2018

10 Tebing Kapur Hits yang Instagrammable!


Indonesia kaya akan Sumber Daya Alam. Karena itulah, rasanya kayak gak pernah cukup untuk menjelajahnya. Jika kamu ingin traveling ke wisata alam yang anti mainstream, Mister punya rekomendasi-rekomendasi kece yang seru untuk dikunjungi!

0
0
0

Berikut ini adalah daftar wisata alam tebing kapur yang punya pemandangan indah. Tebing-tebing ini tercipta karena hasil pengerukan kapur secara terus menerus hingga gunung-gunung kapur ini hanya menyisakan tebing. Penasaran? Simak di bawah ini ya.

1. Tebing Koja, Tangerang

Sumber foto: instagram.com/gladysvelo

Tempat satu ini baru menjadi pusat perhatian di media sosial. Soalnya, tebing yang terkenal dengan nama ‘Kandang Godzila’ ini berada dekat dengan Jakarta. Yup, lokasinya hanya berada di Tangerang Selatan, lho! Buat kamu yang berada di Jakarta, hanya butuh waktu kurang lebih 1 - 2 jam perjalanan untuk mencapai tempat wisata ini. Harga tiket masuknya pun sangat terjangkau, cuma Rp 5ribu. Soal pemandangan, jangan ditanya deh! Cukup untuk membuat kamu lupa dari rutinitas sehari-hari, kok.

2. Tebing Gunung Hawu, Padalarang

Sumber foto: beritagar.id

Bosan dengan wisata yang ada di Bandung? Kamu bisa agak keluar sedikit dari Bandung dan menuju ke arah Padalarang. Di daerah inilah terdapat tebing gunung kapur yang menjadi hits. Gimana gak hits, kamu bisa menikmati indahnya pemandangan yang ada dari atas hammock yang dipasang di antara 2 tebing. Keren, ya!

3. Tebing Gunung Masigit, Padalarang

Sumber foto: infobdg.com

Masih dari Padalarang, tebing satu ini juga menyajikan pemandangan indah dan kamu dapat bersantai di atas hammock yang digantung di antara 2 puncak tebing gunung ini. Daerah Padalarang memang kaya akan gunung kapur, jadi jangan heran jika ada banyak tebing kapur seperti Gunung Hawu dan Masigit ini. Pssst, dari Tebing Gunung Masigit, hanya butuh 5 menit untuk sampai ke Stone Garden, Padalarang, lho!

4. Tebing Kapur Pantai Melasti, Bali

Sumber foto: paketpreweddingbali.com

Pesona Pulau Dewata memang gak perlu diragukan lagi. Jika ingin berwisata ke pantai sekaligus ke wisata alam lainnya, kunjungilah Pantai Melasti. Selain dapat menikmati indahnya pantai, kamu bisa juga berfoto di antara 2 tebing kapur yang mengapit jalan aspal. Gak berbahaya, kan?

5. Tebing Kapur Pantai Pandawa, Bali

Sumber foto: wisatawan.net

Selain di Pantai Melasti, Bali juga memiliki tebing kapur lainnya yang gak kalah indah. Di Tebing Kapur Pantai Pandawa ini, kamu juga bisa berfoto dengan patung-patung yang erat dengan kepercayaan masyarakat Bali, seperti Patung Lima Pandawa ini antara lain patung Dewi Kunti, Dharma wangsa atau di kenal denga Yudistira, Bima, Arjuna, Nakula dan Sadewa.

6. Bukit Kapur Suci, Gresik

Sumber foto: instagram.com/ayuindamood

Beralih ke Jawa Timur, rupanya di wilayah Gresik juga ada tebing kapur yang indah. Di bukit ini ada telaga kecil yang menambah kecantikan tempat wisata satu ini. Letak bukit ini tidak jauh dari pusat Kota Gresik. Karena berada di bawah pengawasan PT Petrokimia Gresik, ada beberapa titik di lokasi ini yang gak boleh dimasuki pengunjung, juga gak boleh melakukan aktivitas yang memicu timbulnya api.

7. Bukit Kapur Sekapuk, Gresik

Sumber foto: travelingyuk.com

Kalau bukit yang satu ini, justru terkenal karena disebut-sebut mirip dengan pemandangan di Yunani kuno. Jika kamu ingin berkunjung ke sini, harus berhati-hati dan menaati aturan yang ada karena tidak semua lokasi bisa dimasuki karena bisa mengganggu aktivitas penambangan kapur yang masih berlangsung.

8. Bukit Jaddih, Madura

Sumber foto: piknikasik.com

Keindahan bukit kapur yang berpadu dengan birunya air danau, bisa kamu temui di tempat wisata ini. Gak cuma menampilkan pahatan dan ukiran, akibat penambangan kapur juga membentuk sejumlah gua-gua kecil yang begitu menarik.

9. Bukit Kapur Aermata Arosbaya, Madura

Sumber foto: dailyvoyagers.com

Berbeda dengan Bukit Jaddih yang berwarna putih, bukit kapur ini justru berwarna coklat. Banyak nama yang disematkan ke bukit ini, mulai dari Bukit Pelalangan, hingga Bedel, sebutan warga sekitar untuk daerah tambang ini.

10. Tebing Karst Maros, Sulawesi Selatan

Sumber foto: topindonesianholidays.com

Tempat wisata satu ini sangat spesial. Bukan cuma karena luasnya yang membentang hingga 30 hektar di Kabupaten Maros dan Pangkep, Sulawesi Selatan, tapi juga karena memiliki goa terpanjang dan terdalam di Indonesia. Gak heran jika wisata alam ini menjadi salah satu dari kawasan Karst (kapur) terbesar di dunia.

Komentar