11.Jan.2017

Top 10 Restoran Favoritnya Chef Yuda Bustara (Termasuk Akiraback, Locavore & Burnt Ends)


Hayo, ada yang belum kenal sama Yuda Bustara? Chef ganteng kelahiran 1987 ini, udah sering bersliweran di layar kaca, terutama kalau kamu penonton setia Asian Food Channel. Yap, Yuda Bustara adalah host chef yang membawakan acara Urban Cook. Selain itu, chef yang lulus dari Taylor's College School of Hospitality Tourism di Malaysia ini juga menyibukkan diri sebagai cooking instructor di beberapa sekolah memasak di Asia. Duh, keren banget, ya? Dan beberapa waktu yang lalu, Mister Aladin dapet kesempatan buat mengenal lebih jauh chef Yuda Bustara, nih. Penasaran apa aja yang berhasil Mister kulik dari chef tampan nan memesona ini? Baca di bawah ini, ya.

0
0
0

Kapan terakhir liburan dan pergi ke mana?

Liburan terakhir saya sebulan lalu di Barcelona. Saya pergi ke pernikahan teman di Ibiza, but I decided to sneak out early from the wedding trip and explored the other cities in Spain, like Valencia, Madrid and I left my heart in Barcelona.

Mau pergi ke mana liburan selanjutnya?

New York! Saya belum pernah ke Amerika Serikat. I am really curious about it, because America just seems really cool from what we see on TV. I just wanna experience the whole thing on my own.

Top 3 destinations on your bucket list and why?

1. Iceland. Because it's the most peaceful country on earth.

2. Brazil. I've heard they really know how to party dan makanan mereka enak.

3. New York. Just because it's New York!

Barang-barang yang harus dibawa saat traveling?

1. Kalau terbang jarak jauh, i will bring my ostrich pillow. Walaupun keliatannya silly, tapi nyaman banget buat tidur. I can sleep anywhere with it.

2. Buku buat dibaca. I just need something to kill some time if I'm stuck in an airport or train station.

3. Sepatu yang nyaman. I walk a lot and I walk really fast.

Favorite food of all time?

Any Japanese Food.

Negara yang kulinernya paling enak?

Japan!!! Menurut saya gak ada yang gak enak di Jepang. Saya bisa makan siang puas hanya dengan mampir di Family Mart, dan menurut saya harga makanan di Jepang lebih murah daripada di Jakarta.

Punya tips dan trik supaya tetap sehat saat traveling?

Saya usahakan mencari hotel yg ada gym-nya, atau paling tidak kolam renang. Kalo 2 options itu gak ada, biasanya saya stay di hotel dekat taman, agar saya bisa melakukan aktivitas cardio seperti lari atau jogging di pagi hari sebelum jalan-jalan atau kerja. Dan saya tetep mengontrol pola makan saya agar tidak terlalu berlebihan.

Kota-kota paling recommended di Indonesia buat yang pengen berlibur sambil kulineran?

Bali buat makanan internasionalnya. Ada banyak chef luar negeri yang buka restoran di Bali, beberapa di antaranya bahkan termasuk dalam 50 restoran terbaik di dunia. So, if you are looking for a great valentine dinner, or just a birthday party, Bali could be the option. Cuca adalah salah satu restoran favorit saya. Medan buat street food-nya. With diverse culture medan has various kinds of culinaries, from Chinese, Indian, Malay, peranakan, and Indonesian. Enak dan murah!

Kalau kamu bisa pergi kulineran dengan salah satu chef terkenal dunia, siapa yang akan kamu pilih?

Saya akan memilih Jacques Pepin. He is a French chef i look up to. French food is the mecca of all culinary. Semua culinary student pasti belajar teknik memasak makanan Prancis. So, I think it's a good idea to travel with him and learn more about their food. It will brighten up my food vocabulary.

Kalau kamu diundang jadi guest chef di salah satu restoran Michelin di dunia, restoran mana yang akan kamu pilih dan kenapa?

Noma by chef Rene Redzepi di Copenhagen, Denmark. Well, it is the most influential restaurant in the world, jadi banyak chef yang rela buat bekerja di sana tanpa dibayar supaya mereka bisa belajar gimana cara masak makanan khas Nordic.

Kalau kamu diundang sama Presiden Jokowi ke Istana Negara buat masak untuk beliau dan keluarganya, makanan apa yang akan kamu masak?

Yang pasti bukan makanan Italia atau Jepang. I believe every Indonesian who grew up within the country, will always have thatA�"Lidah Indonesia". Jadi saya akan memasak makanan Indonesia. Not just ordinary everyday food, but anti mainstream Indo food. Negara kita terdiri dari 17.500 pulau dan 34 provinsi, ada banyak yang bisa dieksplor dari kuliner Indonesia. I will cook them 7 courses meal, mulai dari Pulau Jawa karena saya orang Jawa. Salah satu makanan yang ingin saya masak untuk Pak Jokowi adalah favorit saya, Sate Kere.

Hal-hal menantang yang pengen banget dilakuin saat traveling?

Karena saya seorang chef dan foodie, jadi saya suka challenge diri saya untuk mencoba makanan baru, dari makan tikus di Manado sampai telur balut di Manila, pokoknya cobain makanan baru agar saya lebih open minded terhadap budaya orang lain.

3 kata yang mendeskripsikan gaya liburan kamu?

Makanan, makanan & MAKANAN!

Sebagai seorang chef kenamaan Indonesia, Yuda Bustara pasti udah paham banget sama yang namanya makanan enak. Buat kamu yang pengen kulineran sambil liburan, bisa banget mampir ke beberapa restoran favoritnya chef Yuda Bustara di beberapa tempat destinasi liburan keren di bawah ini, nih!

Top 10 Restoran di Jakarta

1. Akiraback

2. Lyon Mandarin Oriental

3. Maple Oak

4. Enmaru

5. Shabu Shabu Gen

6. Nasi Padang Sederhana Bintaro

7. Merah Delima

8. Trio Menteng

9. Turkuaz

10. Bakmi GM

Top 10 Restoran di Bali

1. Cuca

2. Locavore

3. Shady Shack

4. The Slow Canggu

5. Mozaic

6. Teatro

7. Merah Putih

8. Bossman Burger

9. Watercress

10. Sisterfield

Top 10 Restoran di Singapura

1. Chimes

2. Open Door Policy

3. Tippling Club

4. Andre Restaurant

5. Maxwell Road Hawker Center

6. Hajjah Maimunah Restaurant

7. 328 Katong Laksa

8. Burnt Ends

9. Lawrys

10. 2am Dessert Bar

Komentar