08.Mar.2017

Museum Apa yang Bikin Ngiler? Tentu Aja Museum Shinyokohama Raumen di Jepang Ini!


Siapa bilang museum isinya cuma barang peninggalan jaman nenek moyang atau jaman penjajahan? Gak semuanya punya kesan nyeremin atau ngebosenin, kok, malah bisa bikin ngiler. Gak percaya? Makanya, buruan nabung supaya bisa mampir ke Shinyokohama Raumen Museum! Museum yang berlokasi di Yokohama, Jepang, ini unik bangetlah pokoknya. Kayak gimana, sih, suasana di sana? Oke, sekarang duduk manis, ya, Mister mau cerita!

0
0
0

Sumber foto: timetravelturtle.com

Begitu kamu nyampe di museum ini, jangan buang waktu lagi, langsung aja turun tangga ke lantai Basement 1 dan 2-nya, karena di sinilah museumnya. Jangan cuma bayangin mangkok-mangkok ramen dijejerin, karena di sini justru ada replika Shitamachi, kota tua Tokyo, di tahun 1958. Kenapa 1958? Soalnya, di tahun inilah ramen instan mulai booming di Jepang. Ada 9 restoran yang bisa kamu datengin di sini. Semuanya jadul instagenic minta dijepret kamera, deh! Belum lagi bakal ada musik klasik ala Jepang mengalun di sini.

Sumber foto: tofugu.com

Tiap restoran menyajikan ramen khas dari banyak wilayah. Mau ngangetin tenggorokan dengan ramen celup (Tsukemen) dari Kawagoe? Atau melahap ramen kuah kaldu babi asal Kurume? Semuanya tersedia di sana. Buat kamu yang nyari makanan halal, gak usah khawatir. Mereka juga nyediain ramen-ramen tanpa babi, bahkan ramen khusus vegetarian. Nyarinya juga gak bikin bingung karena mereka majang menu dalam bahasa Inggris juga.

Sumber foto: tofugu.com

Terus, cara belinya gimana? Gak usah takut gagap karena gak bisa bahasa Jepang. Meskipun suasana di sini serba jadul, sistem belinya modern abis! Di tiap restoran, ada vending machine tiket makan. Kamu tinggal masukin uang, pencet tombol sesuai gambar menu yang kamu mau, terus tunjukin tiketnya, deh, ke pelayan. Gak perlu nunggu lama, semangkok ramen langsung meluncur ke depan kamu. Takut keburu kenyang sebelum nyobain semua jenis ramen? Tenang, bisa dihindari, kok. Soalnya, tiap restoran di sini nyediain mangkok icip-icip dalam ukuran lebih kecil. Wah, kalau gini, sih, kamu bisa nyeruput 9 jenis ramen tanpa takut mual!

Sumber foto: wattention.com

Gimana? Apakah air liur kamu mulai membanjiri mulut? (kok agak jijik, yaa?) yaudah, kalau gitu, sekarang Mister jelasin gimana caranya ke sana setelah kamu nyampe di Tokyo. Pertama, kamu naik kereta ke stasiun Shin-Yokohama, dari situ kamu tinggal keluar dari EXIT 8, nyebrang jalan kaki selama beberapa menit sampai ketemu bangunan dengan banyak hiasan mangkok ramen dan tulisan "Shinyokohama Raumen Museuma" di atasnya. Gak ketemu? Coba inget lagi pepatah "malu bertanya sesat di jalan". Daripada pusing, kamu bisa minta tolong warga sekitar buat nunjukin jalan. Berhubung mereka agak susah berbahasa Inggris, ada baiknya kamu siapin tulisan nama museumnya di secarik kertas buat ditunjukin ke mereka.

Sumber foto: japanhubdotcom.files.wordpress.com

Udah sampai? Jangan langsung nyelonong, beli tiket dulu, dong. Tiketnya murah, kok, cuma 310 yen buat orang dewasa. Kalau kamu dateng bareng rombongan 15 orang ke atas, harga tiketnya malah cuma jadi 260 yen per orang! Setelah kamu puas ngisi perut di museum, boleh banget naik ke lantai 1 buat belanja-belanja cantik di toko suvenirnya. Di sini ada ratusan jenis permen dan mainan tempo dulu yang bisa kamu beli buat oleh-oleh. Udah, ah, perut Mister makin keroncongan, nih!

Komentar