17.May.2017

Liburan ke Aceh? Kamu Wajib Cobain 10 Makanan dan Minuman Ini


Kalau selama ini Bali, Lombok, atau Singapura udah jadi destinasi liburan favorit, sekarang waktunya Aceh harus masuk daftar tujuan jalan-jalan kamu selanjutnya. Provinsi paling barat di Indonesia ini punya banyak hal menarik yang dikulik, mulai dari alam, budaya, dan tentu aja makanannya. Meskipun belum sepopuler masakan Minang, kuliner khas Aceh bakalan bikin lidah kamu manja-manja bahagia, deh!

0
0
2

1. Mi Aceh

Sumber foto: www.qraved.com

Ini dia makanan asal Aceh yang paling berjaya alias paling dikenal banyak orang. Bahkan, negara-negara lain juga udah tahu cita rasa mi yang berempah banget ini. Tersedia dalam bentuk mi rebus maupun mi goreng, kamu bebas pilih topping yang sesuai selera, bisa sapi atau udang.

Selain itu, irisan bawah merah, cabai rawit, dan emping biasanya juga ikutan bikin seporsi mi aceh jadi makin rame rasanya. Meskipun udah dijual di mana-mana, tapi rasanya pasti beda kalau kamu cobain langsung di daerah asalnya.

2. Ayam Tangkap

Sumber foto: harianindo.com

Mulai mengejar popularitas mi Aceh, ayam tangkap juga gak kalah terkenal di daerah-daerah luar Aceh. Makanan ini adalah ayam yang dipotong kecil-kecil, direndam dalam bumbu khas (kunyit, kemurui, jeruk nipis, daun pandan, dll), abis itu digoreng, deh. Biasa disantap bareng saus kecap, makanan ini dinamain ayam tangkap karena kamu harus ngais-ngais daun goreng supaya bisa dapetin potongan daging ayamnya. Rasanya? Jangan ditanya. Kaya banget, deh!

3. Kuah Pliek U

Sumber foto: nutrisipangan.wordpress.com

Usut punya usut, ternyata makanan yang satu ini dulunya santapan raja-raja Aceh, lho! Sayangnya, karena gempuran fast food dari luar, Kuah Pliek U lebih gampang ditemuin di gampong (kampung) sana. Kelapa parut yang difermentasi jadi bahan utama untuk ngebuat makanan ini. Abis itu, kelapa ini dimasak bareng nangka, labu siam, daun melinjo, kacang panjang, dan masih banyak lagi. Ngiler pengin nyobain? Tenang, biasanya warung-warung nasi di Aceh menyediakan menu ini, kok.

4. Kuah Beulangong

Sumber foto: beritadaerah.co.id

Rupanya, kari khas Aceh ini disebut Beulangong karena dimasaknya memang di dalam belanga besar. Makanan ini biasanya dijadiin lauk makan siang. Potongan daging sapi atau kambing jadi bahan utama membuat kuah Beulangong.

Selain gak susah dicari, kuah Beulangong biasanya dijual dengan harga terjangkau, sekitar Rp15.000 - Rp20.000 per porsi. Nah, buat kamu yang waswas kena tensi tinggi, jangan lupa sediain juga potongan timun atau minuman jeruk nipis saat menyantap makanan ini. Lumayan, bisa ngelunturin kolesterol dari dalam darah.

5. Sate Matang

Sumber foto: acehraya.co.id

Selain sate Madura dan sate Padang, ternyata ada juga sate Matang dari Aceh. Beda dengan sate lainnya yang biasa ditemenin lontong, sate Matang yang terbuat dari daging sapi atau kambing ini disajikan bareng nasi panas, bumbu kacang, dan kuah kaldu. Berasal dari Matang Geulumpang Dua di daerah Bireuen, makanan ini, sih, katanya terasa paling enak kalau kamu cicipinnya di Pasar Geurugok.

6. Martabak Aceh

Sumber foto: bemzkyyeye.com

Apa, sih, yang bikin Martabak Aceh beda dari martabak daerah lainnya? Nah, martabak Aceh menggunakan lumpia dibalut telur yang udah dicampur bawang merah, cabai, dan daun bawang. Supaya makin nikmat, martabak ini juga disajikan dengan acar bawang merah dan cabai rawit. Bisa dibayangin, rasanya pasti pedes, seger, gurih, dan bikin nagih! Kalau kamu pengin berburu Martabak paling enak di Aceh, coba dateng ke Martabak Ayah yang ada di Banda Aceh.

7. Rujak Aceh

Sumber foto: masakandapurku.com

Dari tadi udah ngomongin makanan berempah dan terkesan berat. Sekarang, waktunya manjain lidah sama yang seger-seger, yakni rujak Aceh. Sama seperti rujak lainnya, makanan ini terdiri dari buah-buahan yang dicincang kasar. Buah-buah ini dinikmati bareng ulekan sambel yang dibuat dari cabe rawit, gula merah, dan kacang tanah.

Butuh rekomendasi tempat makan rujak paling enak di Aceh? Langsung aja berburu ke rujak Garuda yang gak jauh dari Masjid Raya Baiturrahman. Selain itu, di deket bandara juga ada rujak Blang Bintang yang gak kalah enaknya. Sambil makan rujak, bisa sekalian nontonin pesawat terbang, deh!

8. Kue Timphan

Sumber foto: archives.portalsatu.com

Aceh gak ada camilan-camilan lucu yang bisa dimakan sambil ngobrol, nih? Jawabannya: ada banget! Dari sekian banyak kudapan, Mister ngerasa kalian harus nyobain kue timphan. Selain gampang ditemukan di warung-warung kopi di Aceh, rasanya juga enak banget. Isinya aja macem-macem, mulai dari kelapa gula, asokaya (selai terbuat dari telur dan santen), durian, dan masih banyak lagi.

9. Kopi Aceh

Sumber foto: bisnisaceh.com

Kopi Aceh memang punya pesonanya sendiri, Aladiners! Makanya, gak heran nemuin warung kopi di sana sama gampangnya kayak nemuin semut. Selain jenisnya beragam banget (robusta, Arabica, hingga luwak), cara penyajiannya pun beragam banget.

Ada yang disedot langsung dari piring kecilnya, ada yang disaring, dan ada yang dicampur dengan susu dan teh. Kalau ngomongin tempat kopi paling ngehits, di sepanjang jalan di daerah Batoh, ada banyak warung kopi dengan macem-macem tema dan fasilitas.

10. Sanger

Sumber foto: acehkita.com

Sebenarnya, sanger dan kopi bisa dibilang hampir sama. Bedanya, sanger lebih populer di kalangan mahasiswa era 1990-an yang punya gaya hidup irit. Berhubung mereka gak sanggup beli kopi hitam, jadilah mereka mesen kopi yang dicampur susu dan gula. Rasanya gak kalah sama kopi-kopi di tempat mahal, lho.

Komentar

sangat bermanfat dan jelas sekali artikelnya.

terimakasih kak ini makanannya enak enak banget semoga tidak terlupakan kuliner nusantara yg satu ini:)