18.Apr.2017

8 Tradisi Pernikahan Paling Aneh di Seluruh Dunia


Kalau udah berhasil dapetin jodoh, selanjutnya harus ngapain? Tentu aja nikah! Masa mau digantungin jadi hubungan kakak-adek ketemu gede atau temen tapi mesra? Kalau kayak gitu mending tinggalin aja, deh, Aladiners! Nah, setelah Mister bahas tentang tradisi cari jodoh unik yang cuma ada di Indonesia, sekarang waktunya bahas tradisi pernikahan paling unik atau aneh dari seluruh dunia. Mana yang paling aneh menurut kamu?

0
0
0

1. China: Serangan bridesmaids

sumber foto: pinterest.com

Kalau kamu lihat di Indonesia atau di negara lain, biasanya tugas bridesmaids ngapain, sih? Pastinya jadi pengiring pengantin perempuan selama pesta pernikahan, kan? Hal yang mereka lakuin pastinya seputar foto-foto cantik bareng si pengantin atau bantu menjaga kelancaran acara. Nah, di China (Mister kurang tahu di China bagian mana), bridesmaids juga ngejagain pengantin perempuan, tapi caranya agak "beda". Jadi, sebelum pengantin pria bisa berdiri berdampingan sama calon istrinya, dia harus nembus pertahanan "tembok" bridesmaids yang super agresif. Mereka bakal minta-minta uang, nyuruh ngelakuin banyak tugas yang konyol, sampai joget-joget aneh di depan umum. Semuanya mereka lakuin buat nguji seberapa kuat cinta si pengantin pria.

2. Afrika: Gubuk rayuan

sumber foto: lifebuzz.com

Mirip judul lagu dangdut, ya? Memang begitulah yang terjadi di Afrika. Suku di sana rupanya cukup egaliter, lho. Perempuan di sana gak disuruh kawin paksa dan dibolehin berpendapat saat milih jodoh. Justru mereka mengizinkan para gadis buat hang out bareng calon-calon suami mereka di gubuk rayuan! Asyiknya lagi, para orang tua dan tetangga gak dibolehin buat mampir ke sana selama obrolan mereka belum selesai. Jadi, apa pun keputusannya, itu semua murni keputusan si cewek, tanpa paksaan siapa pun. Hehehe... kalau di sini, pacaran di teras rumah aja kadang jadi omongan tetangga, ya!

3. Mauritania: Makan paksa

sumber foto: raafay-awan.blogspot.co.id

Tradisi yang satu ini bikin Mister ngerasa ironis. Kalau calon pengantin wanita di negara lain diet ketat supaya gaun pengantinnya muat, di Mauritania justru mereka dilarang makan cuma sedikit. Kalau dilihat sekilas kayaknya nikmat banget, ya? Bisa makan sepuasnya tanpa harus dibilang gendut karena di sana perempuan berisi dianggap bawa kemakmuran dalam pernikahan. Sayangnya, Saking penginnya supaya si perempuan jadi subur, keluarga mereka tega cekokin makanan tanpa henti. Mau muntah atau nangis-nangis minta berhenti, tetep aja mereka dibanjiri asupan makanan. Sedihnya lagi, kebiasaan ini jadi bikin si pengantin perempuan kena masalah kesehatan.

4. Skotlandia: Mandi sampah

sumber foto: emlii.com

Lupain mandi air kembang atau lulur bengkoang menjelang nikah. Calon pengantin di Skotlandia justru bakal disiram aneka ragam limbah dapur menjelang hari bahagia mereka. Bayangin, dari telor busuk sampai sisa-sisa ikan mentah bakal dilumurin ke badan mereka. Gak kebayang, deh, harus mandi berapa jam buat ngilangin baunya! Lalu, kenapa mereka harus diginiin? Ternyata, orang sana percaya kalau calon pengantin bisa tahan "siksaan" ini, pernikahan mereka bakal tahan menghadapi ujian apa pun. Oke!

5. Fiji: Mahar gigi paus

sumber foto: onlinegalleries.com

Di Indonesia, mas kawin biasanya cuma seputar alat salat, emas, atau mata uang dalam jumlah tertentu. Nah, kalau di Fiji, cowok-cowoknya harus usaha ekstra supaya bisa nikah sama perempuan impiannya. Gak tanggung-tanggung, mereka harus bawa gigi paus ke hadapan calon ayah mertuanya! Terserah, deh, mereka mau pakai cara apa supaya para paus rela ngasih gigi. Mau bergulat langsung di dalem laut atau mancing, bebas! Waduh, bisa dibayangin kalau makin banyak orang Fiji yang nikah, makin banyak paus yang ompong. Kasian... hiks. Gak bisa gigi ikan mujair aja, nih?

6. Kyrgyzstan: Kawin culik

sumber foto: hrbrief.org

Ah, apanya yang aneh? Di Indonesia juga banyak yang kawin lari atau ngajak kabur pengantin perempuan kalau gak disetujui. Eits, tunggu dulu! di Kyrgyzstan, nyuliknya bener-bener maksa banget! Semua kebiasaan aneh ini bermula dari anggapan kuno yang bilang kalau air mata di hari pernikahan bisa jadi pertanda rumah tangga yang bahagia. Sampai tahun 1991, sebelum akhirnya dinyatakan ilegal, banyak orang tua di sana yang merestui pernikahan anak perempuan mereka dengan cara diculik, apalagi kalau si anak sampai nangis-nangis. Wah, untung banget sekarang udah dilarang pemerintah, ya! Kasian nasib perempuan di sana.

7. India: Nikah sama pohon

sumber foto: tribune.com.pk

Terjawab sudah kenapa orang-orang di film India akrab banget sama pohon. Tahu sendiri, kan, kalau hampir di setiap film mereka ada adegan nari keliling pohon atau nyender mesra ke tumbuhan gak berdosa ini? Nah, rupanya, di beberapa wilayah d india, masyarakatnya percaya kalau cewek-cewek yang lahir di bawah rasi bintang tertentu kena kutukan. Mereka dianggep bakal bikin calon suami mereka meninggal muda. Satu-satunya cara supaya perempuan itu bisa nikah dengan pria impiannya adalah dengan nikah sama pohon terlebih dahulu! Nanti, setelah upacara pernikahannya selesai, pohon itu harus langsung ditebang.

8. Suku Tidung di Kalimantan: Dilarang buang air!

sumber foto: hiveminer.com

Apa yang kamu rasain kalau harus nahan pipis atau buang air besar selama beberapa jam? Pasti udah joget-joget gak keruan, kan? Tenang, penderitaan kamu gak ada apa-apanya dibanding pasangan pengantin Suku Tidung di Tarakan, Kalimantan. Jadi, kalau ada sepasang cewek dan cowok nikah, mereka diwajibkan nahan buang air, kecil maupun besar, selama 3 hari 3 malem! Bayangin, mereka harus nahan hasrat biologis ini dengan duduk bersila. Bahkan, supaya mereka gak ngibrit ke kamar mandi, anggota keluarga keduanya bakal ganti-gantian jagain mereka. Terus, apa makna di balik "penyiksaan" ini? Katanya, sih, supaya mereka nantinya hidup bahagia dan dapet banyak rezeki dari anak. Wah, berarti harus minum dan makan sesedikit mungkin, nih.

Komentar